INQUIRY
CONTACT
Gramedia Academy

APA BEDANYA TOLL ROAD DAN FREEWAY?

Apa Bedanya Toll Road Dan Freeway?

Post by. Thomas Adrian

Date: May 03, 2021

Pada akhir Maret hingga awal April lalu, seluruh warga Indonesia dibuat kaget dengan keputusan Pemerintah Republik Indonesia yang melarang warga untuk pulang ke kampung halaman atau mudik pada tanggal 6 hingga 17 Mei 2021, atau pada periode Hari Raya Idul Fitri, demi menurunkan angka penderita Covid-19 di Indonesia. Sebagai aksi pendukung, polisi diminta siap menyekat semua jalur mudik, dari jalur utama, alternatif, hingga jalan tol. Nah, bicara soal jalan tol, biasanya kosakata jalan tol biasa diterjemahkan menjadi freeway atau highway. Padahal, keduanya bisa dibilang kurang tepat. Mari kita cermati satu per satu. 


Berdasarkan kamus daring Cambridge, freeway memiliki arti an expressway with fully controlled access without any fees. Sementara highway memiliki arti a public road, especially an important road that joins cities or towns together.


Berdasarkan kedua definisi di atas, maka tidak ada yang cocok dengan definisi jalan tol yang sifatnya berbayar. Maka dari itu, terjemahan kata jalan tol yang paling tepat adalah toll road, yang memiliki definisi a road that you pay to use. Toll sendiri, dalam Bahasa Inggris, artinya adalah biaya. 


Berdasarkan semua definisi yang telah dijabarkan barusan, maka bisa kita simpulkan bahwa Indonesia tidak memiliki freeway, karena semua jalan bebas hambatan di sini sifatnya berbayar; yaitu toll road. Namun Indonesia memiliki highway, misalnya Jalan Raya Pantura. Sementara contoh freeway adalah Autobahn, sebuah jalan bebas hambatan tidak berbayar di Jerman yang memiliki batas maksimum kecepatan 120 km/jam dan tidak memiliki batas kecepatan maksimum di beberapa sektornya.


Uniknya, kata tol pada Bahasa Indonesia sendiri pada awalnya merupakan sebuah singkatan dari Tax On Location (pajak yang dibayarkan di tempat) yang merupakan turunan dari kata toll dalam Bahasa Inggris.Setelah rekan-rekan tahu bedanya, berikutnya jangan sampai tertukar, ya!Salam #PeopleDevelopment!