INQUIRY
CONTACT
Gramedia Academy

BANYAK KARYAWAN MILLENNIAL JUALAN ONLINE, GRAMEDIA ACADEMY GELAR FORUM SELLER MARKET PLACE

<a Href=

Post by. Sapta Bambang

Date: July 30, 2020

Sebut saja Haris (38), mantan karyawan swasta di sebuah advertising agency di Jakarta. Sudah sejak lama, Haris berkeinginan punya usaha sambal botolan. Hobi memasak dan resep membuat sambal warisan dari Ibundanya dulu, selalu mendapat pujian dari teman dan kerabat. Hingga akhirnya, dua tahun lalu, Ia memutuskan keluar dari pekerjaannya dan fokus di usaha sambal botolan miliknya. Ada juga Fitri (28), yang berjualan daster di sela kesibukannya menjadi Sales Executive di sebuah Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) mobil di Jakarta Utara. Haris dan Fitri membuka toko di Tokopedia dan Shopee. Dua market place besar yang bisa dikatakan menguasai industri market  place Indonesia.


Dulu, ketika market place belum diciptakan, seseorang harus merogoh kocek lebih dulu untuk sewa atau membeli lahan bagi tokonya. Kini, dengan bermodalkan perangkat canggih seperti laptop atau ponsel cerdas, Anda sudah bisa memiliki toko dan memperoleh pelanggan. Ini bisa Anda lakukan di market place. Marketplace adalah sebuah situs yang menghubungkan seorang penjual dengan pembeli melalui internet. Saat ini, di Indonesia ada banyak market place, sebut saja Tokopedia, Shopee, Zalora, Lazada, JDID, Blibli, dll.


Berjualan di market place bukan saja lebih murah, tetapi juga lebih mudah. Sebagai Seller (sebutan untuk pemilik toko di market place), Anda memiliki keleluasaan mengatur tempat dan waktu untuk melayani calon pembeli. Anda tidak perlu bermacet-macetan di jalan, berangkat ke toko di pusat perbelanjaan, membuka dan menutup pintu toko. Anda cuma perlu menggunakan perangkat ponsel cerdas untuk mengakses toko di market place. Pembeli memilih barang yang didisplay dalam bentuk foto produk, membaca keterangan produk, melakukan transaksi sendiri dengan metode pembayaran digital, dan memilih jasa pengiriman barang. Anda akan mendapat notifikasi dari market place atas transaksi yang dilakukan oleh pembeli. Kurir dari perusahaan jasa pengiriman akan datang ke tempat Anda untuk mengambil barang, dan dalam waktu beberapa hari, bahkan bisa lebih cepat, barang akan tiba di tempat pembeli. Begitulah transaksi jaman NOW.


Kini, semakin banyak orang, terutama millennials yang ingin dan sudah memiliki toko di market place. Sambil bekerja sebagai professional di perusahaan, mereka juga memiliki usaha di market place. Mulai dari berjualan makanan, pakaian, sepatu, hingga masker dan sepeda. Sapaan “Sis, Kak, dan Gan,” yang digunakan antara Seller dengan Pelanggan, menjadi semakin popular.

Melihat hal tersebut, Gramedia Academy menggelar Gramedia Academy Webinar Forum untuk Seller  Market Place. Webinar Forum diselenggarakan selama 3 hari pada 12, 13, dan 14 Agustus 2020. Peserta dibebaskan memilih hari untuk mengikuti webinar forum, sesuai dengan kebutuhannya. Webinar Forum ini menghadirkan 6 panelis yang akan berbagi tips praktis yang perlu dikuasai oleh Seller Market Place.


Hendriko Firman, Co-Founder Sekolah CEO dan Penulis Buku Zeropreneur akan bersanding dengan Adi Putera Widjaja, CEO Pigijo, Founder GarudaPreneur, dan Penulis Buku Ledakkan Ide Bisnismu. Kedua panelis ini akan membuka rangkaian webinar forum dengan topik utama: Bagaimana Memulai Bisnismu. Seringkali, persoalan utama seseorang dalam berbisnis adalah mengeksekusi ide bisnis. Hendriko Firman akan berbagi tips soal mewujudkan ide bisnis. Persoalan lain yang juga sering muncul dalam memulai usaha adalah kepekaan dalam memahami siapa target dari produk atau jasa yang kita tawarkan. Kadang kita ingin melayani seluruh segmen pasar dengan harapan memperoleh transaksi lebih banyak. Namun, alih-alih memperoleh omset penjualan tinggi,yang terjad malah tidak ada satu pun segmen yang kita layani dengan baik. Adi Putera Widjaja akan membantu Anda dalam mengenali bisnis dan pelanggan.


Di hari kedua webinar forum, akan hadir Herry Tjiang, Food and Product Photographer dan Penulis Buku Fotografi untuk Toko Online, dan Dian Nafi, Lifestyle Blogger dan Penulis Buku Copywriting Untuk Media Sosial. Setelah menguasai produk dan targetnya, maka hal yang sangat penting untuk dikuasai adalah kemampuan memasarkannya. No Sales Means No Business, maka strategi pemasaran yang berdampak pada penjualan menjadi kunci. Pada usaha online, tampilan foto produk dan caption merupakan 2 hal yang sangat krusial. Bukan semata-mata karena hanya kedua hal inilah yang “tangible” di mata calon pembeli, namun gambar dan tulisan adalah dua elemen utama dari pemasaran digital. Herry Tjiang akan membagi tips memotret produk sehingga layak untuk ditampilkan di market  place dan Dian Nafi akan memberi panduan Menyusun caption yang menarik bagi pengunjung toko Anda.


Sustainability atau Berkelanjutan, adalah keniscayaan dari apapun di dunia ini, termasuk usaha. Semangat untuk memulai usaha dan kegigihan untuk menjalankannya, baru akan berbuah Ketika usaha tersebut berkelanjutan, tumbuh, dan mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan. Oleh karena itu, di hari ketiga atau hari terakhir webinar forum, topik yang akan dibahas adalah: Scale  Up Bisnismu. Wulan Ayodya, Founder UKMKU dan Penulis Buku UMKM 4.0 akan hadir bersama Priyanto Budi W, Founder Smartplus Learning Center, CEO PT BAMAS CORP, dan Penulis Buku Bisnis Undercover. Wulan Ayodya akan berbagi seputar permodalan dalam berbisnis, sedangkan Priyanto Budi W akan memberikan tips untuk membuat usahamu autopilot.


Jangan cuma punya ide, jangan cuma coba-coba, mulailah untuk menjadikan tokomu di market place sebagai wujud dari mimpimu. Daftarkan diri kamu di bit.y/GAwebinarforum dan jadilah Seller  Market Place yang Sukses.


Salam Inspirasi.