INQUIRY
CONTACT
Gramedia Academy

BONA FIDE ADALAH YANG DAPAT DIPERCAYA

Bona Fide Adalah Yang Dapat Dipercaya

Post by. Thomas Adrian

Date: July 12, 2021

Rekan-rekan, sebuah bahasa dapat mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan zaman. Rekan-rekan mungkin akrab dengan kosakata legit atau genuine. Kedua kosakata ini merupakan kosakata Bahasa Inggris yang dipakai untuk menggambarkan sesuatu yang resmi atau asli, tidak palsu, dan meyakinkan. Legit dipakai secara verbal dan tidak resmi sementara genuine lebih umum. Lalu bagaimana dengan kosakata formalnya? Umumnya, rekan-rekan dapat menggunakan kata bona fide.


Berdasarkan kamus daring Cambridge, bona fide memiliki arti real, not false; legal and honest. Kata bona fide ini memiliki akar dari Bahasa Latin, bona fide, yang memiliki arti with good faith atau dengan kepercayaan atau keyakinan yang baik. Kata bona fide ini dapat digunakan sebagai adjective (kata sifat) dan adverb (kata keterangan).


Penggunaan kosakata bona fide di dalam kalimat sebagai kata sifat akan menjadi seperti ini: Make sure you are applying job to bona fide companies.


Sementara penggunaan kosakata bona fide di dalam kalimat sebagai kata keterangan akan menjadi seperti ini: The court will assume that they have acted bona fide.


Namun, seperti kosakata legitbona fide umumnya digunakan secara verbal saja. Sementara pada Bahasa Indonesia, bona fide (KBBI: bonafide) lebih dipakai kepada sesuatu yang dapat dipercaya.


Got an #Aha? Salam #peopledevelopment!