INQUIRY
CONTACT
Gramedia Academy

CARA MEWUJUDKAN MIMPI

Gramedia Academy

Post by. Beni Dwi N

Date: November 16, 2018

Ada pertanyaan bagi kalangan pekerja yang sering hanyut dalam rutinitas, "Masih adakah mimpi yang ingin digapai?" Jawabnya, (seharusnya) IYA!


Banyak orang tersohor, artis sukses, pengusaha sukses, motivator, atau bahkan pimpinan kita memberi nasihat agar kita senantiasa memiliki mimpi demi kehidupan yang lebih baik.

Tapi, apakah mimpi saja cukup? Tentunya, mimpi tidak berhenti menjadi mimpi belaka. Mimpi harus diwujudkan. Bagaimana caranya?


Dalam buku berjudul “Cara Mudah Buka Bisnis Travel” karya Yudha Eris Setiawan terbitan Gramedia Pustaka Utama, ada satu chapter yang mencuri perhatian yakni tentang bagaimana membangun impian menjadi kenyataan.


Tahap awal disebut idealisasi. Di sini, kita menciptakan dunia ideal di dalam pikiran kita. Mimpi bisa apa saja, bahkan kadang-kadang sesuatu yang kita pikir mustahil kita wujudkan. Meski demikian, tetaplah membangun ide-ide mimpi.


Setelah gambaran mental yang ideal itu tercipta, kita perlu masuk ke tahap selanjutnya yakni visualisasi. Kita membayangkan dunia ideal tersebut dengan sangat nyata. Tariklah gambaran ideal itu ke sesuatu yang lebih nyata, kongkret. Kita bisa mempraktikkannya minimal dua kali dalam sehari selama 10 menit.


Jangan berhenti hanya dengan memvisualisasikan!


Kita lanjutkan ke tahap verbalisasi, yakni kita mulai membicarakan dunia ideal tersebut, seakan-akan itu nyata. Ya, berkata-kata, melakukan diskusi, bahkan berdebat tentang mimpi kita akan semakin menjernihkan dan mempertajam mimpi kita.


Terakhir dan tahapan yang sangat penting adalah tahap materialisasi, adalah tahapan ketika dunia yang sebelumnya ada dalam pikiran, sedikit demi sedikit mulai mewujud dan impian kita mulai menjadi kenyataan.


Singkatnya, inilah tahap membangun mimpi untuk merengkuh kesuksesan a la Yudha Eris Setyawan: Idealisasi – Visualisasi – Verbalisasi – Materialisasi.


Sudah siapkah Anda menciptakan impian dan mewujudkannya?