INQUIRY
CONTACT
Gramedia Academy

#GOENGLISH: MENGEMBANGKAN KARYA MELALUI BAHASA

GoEnglish Gramedia Academy

Post by. Stephanus Novi

Date: January 16, 2020

Berawal dari layanan transportasi, kini Gojek mengembangkan platformnya untuk menjadi solusi atas tantangan sehari-hari. Lebih dari 20 layanan bisa diakses dalam satu aplikasi. Ini yang menjadikannya sebagai salah satu platform teknologi terbesar yang melayani jutaan pengguna di Asia Tenggara. Aplikasinya dimanfaatkan oleh tiga pihak sekaligus: customer, mitra driver, dan mitra merchant.


Pelayanan Gojek terdiri dari tiga pilar besar: kecepatan, inovasi, dan dampak sosial. Dampak sosial menjadi satu hal penting sebagai pencapaian Gojek. Riset oleh Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Indonesia tahun 2018 yang melibatkan 6.732 responden di 9 kota di Indonesia menyebutkan bahwa kualitas hidup mitra driver meningkat 100%. Sebagian besar dari mereka mengklaim bahwa mereka sekarang dapat menyekolahkan anaknya.


Tidak berhenti di situ, pada bulan November 2019 Gojek bersama Gramedia Academy menginisiasi program GoEnglish. Program ini adalah pelatihan bahasa Inggris untuk anak-anak mitra driver Gojek. Sejak dimulai pada bulan November 2019, program GoEnglish sudah berjalan sebanyak 70 kelas di 16 kota, 5 provinsi. Sebanyak 38 guru Bahasa Inggris Gramedia Academy dari berbagai daerah dikerahkan untuk mengajar 1169 anak mitra driver Gojek.


Bahasa Inggris merupakan satu hal penting yang harus dikenalkan pada anak-anak sejak dini. Hal ini yang mendasari program GoEnglish yang dibuat untuk anak-anak mitra driver. Semangat untuk berkarya melayani penggunanya tidak berhenti hanya di mitranya saja, namun juga hingga berdampak sosial bagi anak-anak mereka. Dengan semangat #PastiAdaJalan, diharapkan anak-anak mitra driver kelak menjadi agen yang juga menghasilkan dampak sosial positif.



Guru Berkulitas akan Menghasilkan Murid yang Cerdas


Program GoEnglish yang diinisiasi oleh Gojek bersama Gramedia Academy merupakan program pelatihan bahasa Inggris untuk anak-anak mitra driver Gojek. Program ini dilakukan di berbagai daerah di lima provinsi mulai dari Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Banten, Sumatera Selatan, dan Kepulauan Riau. Tantangan bagi Gramedia Academy untuk menyediakan guru-guru yang berkualitas untuk mengajar anak-anak ini.


Gramedia Academy memiliki kualifikasi bagi guru-guru yang akan mengajar di program ini. Pada tahap seleksi, calon guru akan diminta untuk mengirimkan CV serta hasil TOEFL dengan minimal nilai 500 poin. Setelah lolos berkas, calon guru akan diwawancarai dan melakukan microteaching. Tim Gramedia Academy akan mensimulasikan kelas dan melihat bagaimana guru akan memperlakukan kelas. Setelah lolos, calon guru akan diberikan kesempatan untuk mengajar kelas GoEnglish.


Sesuai dengan visi Gramedia Academy untuk menyediakan pelatihan yang materinya disusun secara tajam dan spesifik, menggunakan model pelatihan user to user, dan fokus pada best practise, guru diseleksi supaya bisa mengajar dan memenuhi kualitas murid yang maksimal. Guru yang berkualitas akan menghasilkan murid yang cerdas.