INQUIRY
CONTACT
Gramedia Academy

KELAS AKHIR PEKAN: CARA MENDALAMI HOBI DI MASA PANDEMI

Photo By JJ Ying On Unsplash

Post by. Thomas Adrian

Date: November 27, 2020

Tahun 2020 hampir usai. Kita sudah berada di penghujung tahun (lagi). Rasa-rasanya, tak banyak yang bisa rekan-rekan capai secara kolektif di tahun pandemi. Yang sama-sama kita tahu dan amini, tahun 2020 adalah tahun yang ‘negatif’.


Khalil Gibran, seorang penulis asal Lebanon, pernah berkata, “The optimist sees the rose and not its  thorns; the pessimist stares at the thorns, oblivious to the rose.” Seorang yang optimis melihat bunga mawar, bukan durinya. Sementara orang yang pesimistis melihat durinya lebih dulu, alih-alih bunga mawarnya. Jadi mari ubah pola pikir rekan-rekan untuk sejenak dan tengoklah sisi positif dari tahun 2020.


Tahun 2020 dapat dikatakan sebagai tahun percepatan digital. Sekarang, semua hal dan segala bidang berbondong-bondong melakukan 'bedol desa'; transformasi ke arah digital. Semua hal jadi serba digital: dari belajar hingga jualan. Selain itu, tahun pandemi ini bisa dibilang tahun yang tepat untuk melakukan pengembangan diri atau self-improvement. Hal ini muncul akibat banyaknya waktu luang, yang biasanya dihabiskan untuk berpindah ruang di jalan; dari rumah ke kantor dan sebaliknya. Banyaknya waktu luang setelah mengerjakan tugas kantor membuat orang-orang mencari hobi baru, melakukan aktivitas di luar rutinitas, serta mengembangkan diri melalui platform belajar daring maupun mengikuti lokakarya daring.


Dengan kondisi yang ada, Gramedia Academy, yang merupakan lembaga penyedia pelatihan yang berorientasi pada pengembangan manusia (people development), juga mengakomodasi kebutuhan para individu dalam melakukan pengembangan diri. Gramedia Academy hadir dalam pelatihan pengembangan diri yang berangkat dari minat atau hobi: Kelas Akhir Pekan.


Format yang ringan dan menyenangkan, Kelas Akhir Pekan menjadi sebuah wadah bagi profesional dan umum untuk memperdalam dan mendapat insight akan hobi tertentu. Pemateri Kelas Akhir Pekan merupakan penulis buku terbitan Penerbit Gramedia dan juga praktisi di bidangnya. Tak hanya teori, Kelas Akhir Pekan juga menyediakan ruang bagi para pesertanya untuk mempraktikkan teori yang sudah didapatkan. Kelas Akhir Pekan sudah berjalan sejak bulan Agustus; diawali oleh topik menulis puisi yang dibawakan oleh penyair muda, Adimas Immanuel.


Di bulan November ini, ada kelas kerajinan kain perca asal Jepang (Kimekomi) bersama Iva Hardiana, dua kelas membuat komik bersama Koloni Publishers yang merupakan imprint M&C yang berfokus pada komikus lokal, serta kelas seni menulis novel bersama penulis terkemuka yang beberapa bukunya sudah difilmkan, yaitu Ika Natassa.


Ayo perdalam hobi Anda di Kelas Akhir Pekan! Siapa tahu, dari hobi bisa jadi penghasilan tambahan. Bukankah melakukan pekerjaan yang merupakan hobi itu menyenangkan?


Salam #PeopleDevelopment!