INQUIRY
CONTACT
Gramedia Academy

KENAPA DISEBUT APRIL MOP?

Kenapa Disebut April Mop?

Post by. Thomas Adrian

Date: April 07, 2021

Bulan Maret telah berakhir; lalu terbitlah hari pertama di bulan April yang umum dikenal sebagai April Mop atau April Fools’ Day dalam Bahasa Inggris. Seperti yang sudah kita tahu, pada hari pertama di bulan April semua orang bebas untuk melakukan keisengan atau kebohongan yang membuat gelak tawa. Tapi perlu Anda tahu, April Fools’ Day sudah berlangsung sejak lama.


Dilansir dari history.com, pada akhir tahun 1500-an Bangsa Perancis memutuskan untuk mengganti penggunaan kalender: dari kalender Julian menjadi kalender Gregorian seperti yang sekarang digunakan. Pada kalender Julian, awal tahun dimulai pada ekuinoks musim semi yang jatuh di antara akhir bulan Maret sampai awal April. Maka, yang awalnya Tahun Baru berada pada 1 April, setelah penggunaan kalendar Gregorian berubah menjadi tanggal 1 Januari. Karena perubahan ini tidak dapat diterima dan dilakukan semua orang, maka masih ada masyarakat yang merayakan Tahun Baru pada tanggal 1 April. Mereka yang masih merayakan Tahun Baru pada 1 April dijadikan bahan lelucon dan disebut sebagai "Orang-orang Bodoh di Bulan April" (April fools).


Keisengan dalam April Fools’ Day tak hanya dilakukan oleh masyarakat umum, bahkan perusahaan atau lembaga pun juga melakukannya. Berikut beberapa keisengan yang dilakukan oleh perusahaan atau lembaga ternama:

  • Satu-satunya stasiun televisi di Swedia tahun 60-an, Sveriges Television AB (SVT), pada tanggal 1 April 1962 mengumumkan bahwa siaran mereka dapat disaksikan secara berwarna dengan cara menutupi layar televisi dengan stocking, yang setelah dicoba ternyata malah menghalangi pandangan. Uniknya, siaran reguler berwarna di Swedia benar-benar dapat dinikmati pada 1 April 1970, tepat delapan tahun setelah keisengan itu terjadi.
  • Tahun 1998, Burger King mengumumkan bahwa mereka meluncurkan produk baru yang bernama Left-Handed Whopper; burger yang didesain khusus bagi orang kidal, yang sebenarnya tidak ada.
  • Tahun 2000, Google mengeluarkan MentalPlex, sebuah lelucon berupa layanan Google yang katanya mampu membaca pikiran pengguna dan menampilkan hasil pencarian, alih-alih mengetik seperti biasanya. Ini merupakan keisengan April Mop pertama yang dilakukan oleh Google. Setelahnya, mereka rutin membuat keisengan pada April Mop, kecuali pada tahun 2020 dan 2021.


Tapi, tanggal 1 April yang kadung identik dengan keisengan dan kebohongan kadang menjadi bumerang. Beberapa peristiwa berikut benar-benar terjadi, namun dianggap sebagai sebuah lelucon karena kebetulan terjadi pada tanggal 1 April:

  • Tanggal 1 April 1946 terjadi gempa besar di Kepulauan Aleut. Gempa bermagnitudo 8,6 tersebut menyebabkan tsunami di Hawaii dan Alaska dan menewaskan lebih dari 150 orang. Sebenarnya, peringatan tsunami telah dikeluarkan, namun para warga pesisir menganggapnya sebagai lelucon April Mop.
  • Peluncuran layanan surel Gmail oleh Google pernah dianggap sebagai lelucon karena diluncurkan pada 1 April 2004. Hal ini lumrah adanya, karena Google memang terbiasa melakukan keisengan pada penggunanya setiap tanggal 1 April.


Iseng di awal bulan April boleh-boleh saja, tapi jangan sampai hal yang serius dianggap sebagai bercandaan, ya!