INQUIRY
CONTACT
Gramedia Academy

KESALAHAN NONVERBAL WAWANCARA KERJA

Photo By Christina @ Wocintechchat.com Viia Unsplash

Post by. Thomas Adrian

Date: February 20, 2021

Fase interview, baik secara luring maupun daring, dalam melamar kerja merupakan momok yang cukup menakutkan bagi para fresh graduate maupun yang sudah berpengalaman. Banyak yang terjadi pada pelamar adalah sudah memiliki Curriculum Vitae yang baik dan rapi, pengalaman yang banyak dan beragam, dan kemampuan yang mumpuni, tapi masih gagal ketika proses interview. Bisa jadi, rekan-rekan gagal mendapatkan pekerjaan yang diidamkan karena melakukan kesalahan sepele di sesi tersebut.


Berikut kesalahan-kesalahan umum nonverbal yang kerap dilakukan oleh para peserta interview secara sadar ataupun tidak, berdasarkan Buku Pegangan Pencari Kerja karya Iskandarsyah Muhammad:

  • Bermain dengan rambut, yang biasa terjadi pada wanita, akan membuat rekan-rekan terlihat kurang antusias. Sementara terlalu banyak menyentuh wajah akan membuat seseorang terlihat kurang percaya diri.
  • Tidak menjaga atau minim kontak mata pada saat berbicara dengan pewawancara akan membuat seseorang terlihat tidak tegas dan kurang percaya diri. Menjaga kontak mata itu harus, tapi jangan sampai menatap secara terus-menerus karena akan terlihat tidak sopan.
  • Postur duduk yang terlalu tegang membuat punggung sakit; rekan-rekan hanya perlu duduk tegak dan bersandar sekenanya. Tapi hati-hati, karena bersandar terlalu banyak atau membungkuk akan membuat rekan-rekan dinilai sebagai seorang yang pemalas.
  • Gerakan tangan memang membantu saat berbicara. Tapi di saat seseorang terlalu gugup, maka secara tidak sadar gerakan yang ditampilkan akan berlebihan; yang mana malah mengganggu.
  • Jabat tangan dengan genggaman yang lemah atau tidak erat di awal dan akhir pertemuan akan menimbulkan kesan tidak percaya diri. Biasakan berjabat tangan dengan genggaman yang cukup erat dan yakin.


Selain memperbaiki kesalahan nonverbal saat interview, jangan lupa memperbaiki format dan cara penulisan Curriculum Vitae untuk memperbesar kans diterima kerja di tempat yang diinginkan.


Salam #peopledevelopment!