Kilas Balik Gramedia Academy di Bulan Februari

Bulan penuh cinta sudah usai. Bagaimana Valentine rekan-rekan, sempat bisa nge-date atau dapat cokelat dari pasangan, atau malah dapat “tanda cinta” berupa limpahan pekerjaan? Apa pun itu, terus semangat menjalani hari demi hari, ya!

 

Di bulan penuh cinta ini, Gramedia Academy masih selalu setia menyelenggarakan event atau kelas-kelas:

 

Kelas Perdana Academy of Voice Actor Indonesia

Pada tanggal 4 Februari lalu telah dimulai kelas perdana dari Academy of Voice Actor Indonesia (AVAI) Season 1. Kelas perdana ini diikuti oleh 14 orang.

 

AVAI merupakan program pelatihan sulih suara yang menggabungkan konsep belajar in-class sebagai pondasi dalam meletakkan dasar teori, dan konsep belajar sambil bekerja atau learning by doing sebagai aspek praktis. Konsep dan teori yang dipelajari para mahasiswa berasal dari pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh Voice Actor Indonesia sebagai institusi profesi voice actor Indonesia. Daftar pengajar yang akan memberikan ilmunya di AVAI juga bukan pengajar sembarangan; pengajar AVAI merupakan para ahli di bidangnya: dubbing, teknik vokal, voice over talents, dan announcers.

 

Setelah menjalani kelas yang berlokasi di Gramedia World BSD, peserta akan melakukan praktik langsung di dalam studio di dua lokasi: Cilandak dan Palmerah. Tujuannya, selain untuk mengenal berbagai peralatan di dalam studio, peserta akan langsung merasakan bagaimana rasanya berlatih dubbing dan/atau voice over langsung di dalam studionya.

 

Tips & Tricks TOEFL and English Assessment Test

Pada hari Minggu tanggal 12 Februari, Gramedia Academy mengadakan kelas Tips & Tricks TOEFL and English Assessment Test secara daring melalui Zoom video meeting. Kelas daring ini dibawakan oleh Firli Dwi Ashari, guru Bahasa Inggris dari Singapore School, Pantai Indah Kapuk dan Examiner and Assessment Developer bagi the International Baccalaureate Diploma Program (IB DP) dan the International General Certificate of Secondary Education (IGCSE).

 

Pada kelas yang berlangsung sekitar satu jam ini, 12 peserta dari berbagai kota diajak untuk memahami bahwa dalam mengerjakan TOEFL Test itu tak hanya membutuhkan kemampuan Bahasa Inggris semata; ada strategi dalam pengerjaan tes yang harus diperhatikan agar peserta tes dapat mengerjakan dengan efektif dan benar.

 

Setelah kelas berlangsung, peserta mengerjakan English Assessment Test (EAT) berbasis TOEFL selama kurang lebih dua jam. Kemudian, sertifikat EAT digital dikirim melalui surel.

 

Pelatihan Presentasi Adira Finance

Pada tanggal 13-14 Januari, Adira Finance dan Gramedia Academy, kembali melaksanakan pelatihan daring bertemakan “Designing Effective Business Presentation using Powerpoint” dengan pemateri David Pranata, seorang pembicara, Associate Trainer Gramedia Academy, dan penulis buku di bidang komunikasi serta presentasi.

 

Pada pelatihan daring yang diikuti oleh 20 orang karyawan Adira dari berbagai kota di Indonesia ini, peserta diajak untuk mencermati bagaimana membuat slides presentasi yang bagus, baik, dan efektif. Selain itu, peserta juga diajak untuk memahami bagaimana cara membawakan materi presentasi yang baik. Tak hanya diberikan materi saja, peserta juga diminta mengaplikasikan teori yang sudah didapatkan dengan praktik presentasi. Setelah praktik tersebut, David Pranata memberikan umpan balik secara personal kepada peserta. Harapannya, setelah mendapatkan materi ini, para peserta mampu melakukan presentasi yang baik serta membuat slides presentasi yang tak hanya bagus dan enak dilihat, tapi juga efektif dalam penyampaian poin-poinnya. 

 

Opening Akademi Ritel Gramedia Batch 27

Tepat pada hari Valentine yang lalu, Akademi Ritel Gramedia (ARG) batch 27 resmi dibuka. Dalam acara pembukaan yang berlangsung pada pukul 09:00 itu, ke-11 siswa ARG Batch 27, para trainer kelas, dan trainer pendamping hadir semua untuk secara resmi membuka kelasnya. Setelah acara pembukaan, mereka mendapatkan pengarahan atau orientasi dari tim ARG.

 

Dalam kelas daring yang akan berlangsung dalam satu bulan, para mahasiswa akan belajar delapan modul yang terdiri atas empat modul dasar & empat modul spesifik. Setelahnya, mereka akan memasuki Sub Program Magang atau Praktik Kerja selama dua bulan di toko-toko Gramedia di bawah pimpinan mentor-mentor pendamping. Setelah semua proses itu selesai, maka mahasiswa/i ARG akan menjadi penata ritel dan siap bekerja di dunia ritel. Aku anak ritel, salam inspirasi!

 

TOEFL Preparation di Dua Lokasi

Pada tanggal 27 Februari telah dimulai kelas TOEFL® Preparation bagi mahasiswa/i S1 Keperawatan STIKes Sint. Carolus dengan kode mata kuliah Bahasa Inggris IV. Proses belajar yang berlangsung secara intensif selama dua pekan ini diikuti oleh 65 mahasiswa yang terbagi ke dalam tiga kelas. Perkuliahan masih berlangsung secara daring; dengan sistem pertemuan daring menggunakan Zoom Video Meeting atau Google Meet. Materi TOEFL® Preparation ini merupakan puncak dari matakuliah Bahasa Inggris. Skor prediksi TOEFL® yang  dihasilkan dari kelas ini digunakan sebagai salah satu prasyarat sidang skripsi.

 

Di tanggal yang sama, telah dimulai juga kelas TOEFL® Preparation bagi siswa/i kelas XII di sekolah SMA Plus Yayasan Persaudaraan Haji Bogor (YPHB). Kelas yang diikuti oleh 241 siswa/i ini merupakan kelas persiapan pembekalan materi singkat sebelum mereka mengambil TOEFL® ITP Test yang penyelenggaraannya bekerja sama dengan ELTI Yogyakarta selaku lembaga yang memegang lisensi resmi penyelenggaraan TOEFL® ITP Test.

 

Kegiatan ini berlangsung secara luring dengan menyesuaikan jadwal mata pelajaran Bahasa Inggris di sekolah selama kurang lebih dua pekan. Setelahnya, para siswa/i akan melakukan TOEFL® ITP Test pada pertengahan bulan Maret secara luring.

 

Salam #PeopleDevelopment!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gramedia Academy

Promoting people development by conducting trainings and events based on books published by Gramedia Publishers

Telephone. (021) 53677834
WhatsApp. +6287793103435
Email. [email protected]