INQUIRY
CONTACT
Gramedia Academy

KILAS BALIK GRAMEDIA ACADEMY DI BULAN MARET

Kilas Balik Bulan Maret_featured

Post by. Thomas Adrian

Date: March 25, 2022

Selama bulan Maret ini, Gramedia Academy telah menyelenggarakan beberapa event atau kelas. Berikut adalah event dan kelas Gramedia Academy selama bulan Maret:



Kelas English for Nurses 1 STIKes Sint. Carolus Salemba

Pada tanggal 2 Maret yang lalu telah dimulai perkuliahan Bahasa Inggris untuk dengan nama mata kuliah English for Nurses 1 bagi para calon Sarjana Keperawatan (S1) STIKes Sint. Carolus dari Jalur B (kelas karyawan). Proses belajar ini diikuti oleh 14 mahasiswa. Dengan masih adanya Pandemi Covid-19, perkuliahan masih berlangsung secara daring; dengan sistem pertemuan daring menggunakan Zoom Video Meeting atau Google Meet dan pemberian tugas serta materi lewat Google Classroom


Kelas TOEFL® Preparation SMA Plus YPHB

Pada tanggal 2 Maret yang lalu telah berlangsung kelas TOEFL® Preparation bagi siswa/i kelas XII sekolah SMA Plus Yayasan Persaudaraan Haji Bogor (YPHB). Kelas yang diikuti oleh 241 siswa/i ini merupakan kelas persiapan pembekalan materi singkat sebelum mereka mengambil TOEFL® ITP Test yang penyelenggaraannya bekerja sama dengan ELTI Yogyakarta selaku lembaga pemegang lisensi resmi penyelenggaraan TOEFL® ITP Test.


Kegiatan ini berlangsung secara daring menggunakan Zoom Video Meeting selama dua pekan, yang pelaksanaannya menyesuaikan dengan jadwal ujian sekolah. Pembekalan materi singkat ini akan berakhir pada akhir bulan Maret. Setelahnya, para siswa/i akan melakukan TOEFL® ITP Test pada awal bulan April secara luring.


Moderating Skill for Hybrid Class Adira Finance

Adira Finance, melalui Adira Finance Corporate University dan Gramedia Academy, melaksanakan pelatihan daring bertemakan Moderating Skill for Hybrid Class bagi para karyawannya dalam dua batch pada tanggal 9-10 Maret dan 14-15 Maret 2022 dengan pemateri David Pranata, associate trainer Gramedia Academy yang juga merupakan penulis buku terbitan Gramedia, praktisi di bidang komunikasi dan presentasi, serta pengajar di beberapa universitas di Surabaya. Pelatihan ini diikuti oleh kurang lebih 27 peserta.


Pada pelatihan ini, para karyawan Adira mendapatkan insight dan mempraktikkan cara menjadi moderator untuk acara yang berlangsung secara hybrid (secara daring dan luring). Di dunia seperti sekarang, kemampuan untuk membawakan acara dan/atau menjadi moderator untuk acara hybrid sangat diperlukan. Harapannya, peserta mampu menjadi moderator yang baik yang berfokus pada dua tipe kehadiran, secara luring dan daring.


Kelas TOEFL® Preparation STIKes Sint. Carolus Salemba

Pada tanggal 11 Maret yang lalu telah usai perkuliahan Bahasa Inggris 4 dengan nama matakuliah TOEFL® Preparation bagi para calon Sarjana Keperawatan (S1) STIKes Sint. Carolus. Proses belajar yang berlangsung secara intensif selama dua pekan ini diikuti oleh 58 mahasiswa yang terbagi ke dalam dua kelas besar. Dengan masih adanya Pandemi Covid-19, perkuliahan masih berlangsung secara daring; dengan sistem pertemuan daring menggunakan Zoom Video Meeting atau Google Meet dan pemberian tugas serta materi lewat Google Classroom. Materi TOEFL® Preparation ini merupakan puncak dari mata kuliah Bahasa Inggris. Skor prediksi TOEFL® yang  dihasilkan dari kelas ini digunakan sebagai salah satu prasyarat sidang skripsi.


DHL English Class Student Awards

Setelah selesainya kelas Bahasa Inggris batch kedua yang diadakan oleh Gramedia Academy di DHL International GmbH., penutupan kelas dilakukan pada hari Sabtu, 12 Maret 2022 dengan pemberian awards bagi para peserta masing-masing kelas yang memenuhi beberapa kategori khusus yang sudah ditentukan: The Best, The Most Diligent, The Most Active, The Most Improved, dan Student's Favorite. Bagi para pemenang kategori tersebut diberikan hadiah menarik. Selain itu, sebelum penutupan kelas juga diadakan kelas Bahasa Inggris dengan pengajar penutur asing.


Dengan selesainya acara pemberian penghargaan ini, maka kelas Bahasa Inggris untuk DHL International GmbH. resmi usai. Selamat bagi para pemenang penghargaan dan sampai jumpa di kelas Bahasa Inggris batch berikutnya!


Lokakarya “Cuan Maksimal dengan Social Media Marketing”

Pada tanggal 18 Maret telah berlangsung lokakarya berjudul Cuan Maksimal dengan Social Media Marketing yang bekerja sama dengan Human Resources (HR) Department Group of Retail and Publishing (GoRP) Gramedia dalam rangka program Learning Fest 2022. Acara yang berdurasi dua jam ini dibawakan oleh seorang praktisi SEO dan digital marketing, penulis buku terbitan Gramedia, dan juga associate trainer Gramedia Academy, Jefferly Helianthusonfri.


Dalam lokakarya internal yang diikuti oleh kurang lebih 60-an orang ini, peserta diajarkan cara-cara mengukur dan meningkatkan engagement konsumen di media sosial. Selain itu, peserta juga mendapatkan kiat-kiat memproduksi konten di media sosial yang sesuai dengan target konsumen. 


Kelas Akhir Pekan: Mindfulness Writing Class Special Edition

Setelah berjalan dalam lima batch, kelas Mindfulness Writing Class: Belajar Menulis sambil Mengenal Diri kembali diadakan pada tanggal 26 Maret 2022. Yang membedakan dari kelas Mindfulness Writing sebelum-sebelumnya adalah kali ini topik pembahasan dan pembicaranya spesial. Kelas yang masih dibawakan oleh Elnov kali ini berjudul Mindfulness Writing Class Special Edition: Mental Health Benefits of Journaling. Namun tak hanya itu saja. Kelas ini juga dihadiri oleh dua pembicara tamu: DR. dr. Nova Riyanti Yusuf, Sp.KJ., Secretary General dari Asian Federation of Psychiatric Associations (AFPA), dan Marshanda, seorang aktris, influencer, penyanyi, dan penulis lagu.


Kelas ini diikuti oleh 55 orang. Pada kelas ini, peserta diajak mengenal lebih jauh soal mental health dan bagaimana cara melaluinya serta apa saja yang harus dilakukan. Melengkapi hal tersebut, peserta juga diajak mengenal bahwa aktivitas menulis atau journaling merupakan salah satu metode yang dapat dilakukan untuk membantu proses terapi penyembuhan kesehatan mental dan/atau luka batin. 


Kelas Akhir Pekan (KAP) adalah pelatihan pengembangan diri bagi individu yang berangkat dari minat atau hobi. Formatnya adalah sebuah kelas yang ringan: santai, menyenangkan, namun tetap berbobot. Karena itu, KAP menjadi sebuah wadah bagi para profesional dan umum untuk memperdalam serta mendapatkan insight akan hobi tertentu. Selain itu, para pemateri KAP merupakan penulis buku terbitan Penerbit Gramedia dan/atau praktisi di bidangnya. Tak hanya teori yang diberikan, KAP juga menyediakan ruang bagi para pesertanya untuk mempraktikkan ilmu yang sudah didapatkan.


Salam #PeopleDevelopment!