INQUIRY
CONTACT
Gramedia Academy

KONSEP BERCERITA DEMI SUKSESNYA INTERVIEW KERJA

Konsep Bercerita Demi Suksesnya Interview Kerja

Post by. Thomas Adrian

Date: May 24, 2021

Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, proses interview menjadi momok bagi banyak pencari kerja. Walaupun sudah berbekal Curriculum Vitae yang baik dan rapi, pengalaman yang banyak dan beragam, serta kemampuan yang mumpuni, para pencari kerja kerap tumbang di fase ini karena gagal memberi jawaban yang pas atas pertanyaan yang diajukan oleh recruiters. Jenis pertanyaan yang kerap menjadi monster yang harus ditaklukkan adalah:Apa saja prestasi/hasil kerja yang sudah Anda buat di tempat kerja sebelumnya? atauMasalah apa yang pernah dihadapi pada organisasi tempat Anda berada dan bagaimana cara menyelesaikannya?


Jika dihadapkan pada pertanyaan dengan jenis seperti itu, maka orang akan cenderung menyampaikan daftar kontribusi; padahal yang diminta tidak sesederhana itu. Pelamar diminta untuk menyebutkan DAN menjelaskan. Recruiters tidak akan mengetahui seberapa besar kontribusi seseorang terhadap sebuah pekerjaan atau solusi jika tidak ada penjelasan secara komprehensif. Maka dari itu, seorang pencari kerja harus mampu ‘menjual dirinya’ di hadapan recruiters saat interview.


Agar mampu ‘menjual diri’, para pencari kerja bisa memakai konsep bercerita atau storytelling yang disebut STAR Framework untuk menunjukkan pencapaian dan seberapa besar kontribusinya terhadap pencapaian tersebut. Adapun STAR Framework telah lama digunakan oleh interviewers sebagai metode untuk menggali informasi serta kualitas pencari kerja. 


STAR Framework terdiri dari:

•        SITUATION — Jelaskan situasi, kondisi, pencapaian, atau permasalahan yang dialami. Akan lebih baik jika didukung oleh data yang bersifat kuantitatif karena akan terlihat terukur dengan jelas.

•        TASK — Jelaskan tugas atau tujuan Anda pada Situation yang telah disebutkan sebelumnya. Anda juga dapat menjelaskan inisiatif yang dilakukan pada tugas atau tujuan tersebut. 

•        ACTION — Jelaskan tanggung jawab atau langkah kerja yang telah Anda lakukan secara kronologis, bertahap, dan mendetail.

•        RESULT — Jelaskan hasil, dampak, atau pencapaian yang Anda dapat setelah melakukan tahap Action yang telah dijelaskan sebelumnya. Ingatlah bahwa recruiters membutuhkan cerita pencapaian Anda, bukan sekadar daftar pencapaiannya belaka. Selamat mencari kerja!


Salam #PeopleDevelompent!