Kosakata Bahasa Inggris yang Serupa Tapi Tak Sama

Rekan-rekan, kosakata Bahasa Inggris kadang-kadang bisa membingungkan. Kadang ada dua atau lebih kata untuk menggambarkan hal yang serupa walau pun tak sama atau sesuatu yang mirip. Orang-orang Indonesia, sebagai penutur asing Bahasa Inggris, kerap kali bingung membedakannya. Berikut beberapa kosakata yang sering membuat kita bingung karena sebenarnya mereka serupa, tapi tak sama.

 

  1. Mouse vs. Rat

Mungkin rekan-rekan akrab dengan kedua kosakata ini. Waktu masih sekolah, kita mungkin diajarkan bahwa kedua kosakata ini diterjemahkan ke Bahasa Indonesia sebagai tikus. Tapi ternyata mouse dan rat itu berbeda, lho. Mouse dipakai untuk jenis tikus yang kecil dan umumnya bisa dipelihara. Secara umum, ukuran mouse hanyalah seukuran burung pipit. Rekan-rekan tahu film Stuart Little? Nah, sang tokoh utama yang bernama Stuart adalah seekor mouse. Selain itu, mouse juga merupakan sebuah nama perangkat keras komputer seukuran genggaman tangan yang digunakan untuk menggerakkan kursor pada layar. Bahasa Indonesianya adalah tetikus. Sementara rat sendiri ukurannya lebih besar, antara 17 hingga 25 sentimeter. Mudahnya begini, tikus yang suka berada di tempat kotor atau selokan air itulah yang disebut rat.

 

  1. Butter vs. Margarine

Nah, rekan-rekan yang senang memasak mungkin akrab dengan kosakata mentega dan margarin. Di dalam Bahasa Inggris dikenal dengan butter dan margarine. Walau pun keduanya berwarna kuning, tapi keduanya berbeda. Butter merupakan produk hewani yang berbahan dasar susu sapi, sementara margarine adalah produk nabati. Secara tekstur, butter lebih lembut dan lebih mudah meleleh jika terkena panas.

 

  1. Alligator vs. Crocodile

Di Bahasa Indonesia, kedua kosakata di atas memiliki padanan terjemahan yang sama, yaitu buaya. Walau pun keduanya buaya, tapi ternyata berbeda, rekan-rekan. Alligator memiliki bentuk mulut seperti huruf U, sementara bentuk mulut crocodile lebih lancip seperti huruf V. Selain itu menurut everythingreptiles.com, ukuran crocodile lebih besar dan panjang (rata-rata 450 kg; 5 meter) dibanding alligator yang hanya memiliki bobot rata-rata sekitar 300 kg dengan panjang rata-rata 3,8 meter.

 

  1. Turtle vs. Tortoise

Nah, waktu di sekolah dulu kita diajarkan kalau Bahasa Indonesia dari turtle adalah kura-kura. Tapi sebenarnya itu kurang tepat, karena turtle lebih tepat jika diterjemahkan menjadi penyu. Jadi secara fisik, turtle memiliki kaki berselaput yang tidak berjari karena kakinya lebih digunakan seperti dayung untuk berenang melintasi samudera. Selain itu, turtle lebih banyak menghabiskan masa hidupnya di perairan dan hanya ke darat untuk bertelur. Sementara tortoise merupakan kura-kura yang hidupnya hanya di daratan. Cangkangnya lebih besar dan tinggi dibanding turtle yang cangkangnya lebih landai.

 

Uniknya, berdasarkan Ensiklopedia Britannica, semua tortoise adalah turtle tapi tidak semua turtle adalah tortoise. Hal ini disebabkan karena keduanya berada di dalam ordo yang sama, Testudines, karena memiliki ciri fisik yang serupa. Membingungkan bukan?

 

  1. Orange vs. Tangerine

Serupa dengan tikus atau buaya, kosakata orange dan tangerine sama-sama memiliki padanan terjemahan Bahasa Indonesia sebagai jeruk. Nah ternyata keduanya berbeda, rekan-rekan. Tangerine (Citrus tangerina) lebih dikenal dengan sebutan jeruk mandarin. Tangerine juga berbentuk tidak bulat; cenderung melebar ke samping dengan bagian atas dan bawahnya yang agak datar. Sementara orange (Citrus sinensis) bentuknya lebih besar dan cenderung hampir bulat sempurna. Untuk rasa, secara umum keduanya memiliki rasa manis. Tapi tangerine cenderung lebih manis karena memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah ketimbang orange.

 

  1. Great Britain vs. UK

Mungkin ini lebih sering rekan-rekan dengar dan banyak yang sudah tahu. Great Britain adalah sebutan geografis untuk satu pulau besar yang mencakup negara Inggris, Skotlandia, dan Wales, serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. Sementara United Kingdom (The United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland) yang kerap disingkat sebagai UK merupakan sebutan secara politik bagi negara independen yang mencakup ketiga negara di dalam Great Britain ditambah Irlandia Utara. Singkatnya, Great Britain adalah sebutan geografis dan United Kingdom adalah sebutan secara politis.

 

Itulah beberapa kosakata yang serupa tapi tak sama, rekan-rekan. Karena sekarang sudah tahu bedanya, jangan sampai tertukar dalam menggunakannya, ya! Salam #PeopleDevelopment!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gramedia Academy

Promoting people development by conducting trainings and events based on books published by Gramedia Publishers

Telephone. (021) 53677834
WhatsApp. +6287793103435
Email. [email protected]