INQUIRY
CONTACT
Gramedia Academy

MEMANFAATKAN HIPNOTERAPI DALAM PROSES PENJUALAN

Photo By LinkedIn Sales Navigator On Unsplash

Post by. Thomas Adrian

Date: March 11, 2021

Ibarat posisi dalam sepak bola, salesperson merupakan seorang penyerang atau ujung tombak dalam mencari "gol" dalam bentuk omzet. Seorang salesperson harus memiliki banyak trik dan teknik untuk memengaruhi atau mungkin mengubah perilaku calon klien, serta memenuhi target yang telah dibebankan. Memengaruhi atau mengubah perilaku seseorang bukan perkara mudah; butuh kemampuan verbal yang baik serta trik yang tepat untuk melakukannya. Metode Ericksonian (Ericksonian Hypnotherapy) bisa menjadi salah satu caranya.


Metode Ericksonian Hypnotherapy dicetuskan oleh Bapak Hipnoterapi Modern asal Amerika Serikat, Dr. Milton Hyland Erickson. Merujuk pada namanya, metode ini merupakan sebuah metode hipnoterapi. Hanya saja, metode ini berbeda dengan hipnoterapi konvensional. Jika metode hipnoterapi konvensional mengedepankan pemberian sugesti secara langsung, metode Ericksonian dilakukan dengan cara pemberian sugesti secara tidak langsung (indirect suggestion) karena sugesti yang diberikan dengan cara tersebut dianggap sulit dilawan atau ditolak pikiran manusia secara sadar. Hal itu disebabkan karena pikiran manusia tidak mampu menangkapnya sebagai sebuah sugesti. Dalam pemberian sugesti secara tidak langsung, terdapat beberapa cara yaitu bentuk metafora dan penceritaan yang dilakukan untuk mengubah perilaku (storytelling to alter behavior). Maka dari itu, kemampuan verbal sangat dibutuhkan di sini.


Lalu, apa kaitannya metode hipnoterapi dengan proses penjualan?


Kegunaan dari metode Ericksonian dalam dunia marketing bagi seorang salesperson cukup penting. Salesperson dapat menggunakan metode ini untuk makin meyakinkan calon klien untuk menggunakan produk barang dan/atau jasa yang ditawarkan. Dengan sugesti tak langsung seperti misalnya, “Saya tidak mengatakan pada Anda untuk mencoba produk ini. Sudah banyak yang mencobanya dan mereka puas akan kualitasnya”, maka ruang ragu calon klien akan mengecil sehingga peluang untuk membatalkan pembelian akan berkurang.


Tapi itu semua kembali kepada pribadi masing-masing. Bagi rekan-rekan yang membaca artikel ini sekarang, Anda tidak harus mencoba metode Ericksonian Hypnotherapy ini. Sudah banyak yang mencobanya dan menikmati hasilnya.


Salam #PeopleDevelopment!