INQUIRY
CONTACT
Gramedia Academy

MEMPERINGATI BULAN LITERASI INTERNASIONAL, GRAMEDIA ACADEMY MENGADAKAN EVENT GRAMEDIA LITERACY WEEK

Gramedia Literacy Week

Post by. Lusy Andari

Date: September 30, 2022

Sebagai bentuk peringatan bulan literasi internasional, Gramedia Academy telah mengadakan event Gramedia Literacy Week: Tips  and Trick TOEFL & English Assessment Test yang bertema “Meningkatkan Literasi Digital Melalui Kemampuan Berbahasa Inggris” pada Rabu, 28 September 2022. Acara ini diadakan di Perpustakaan Daerah Jakarta, Taman Ismail Marzuki, tepatnya di Pusat Dokumentasi Sastra H.B Jassin. Acara ini juga dihadiri oleh peserta dari berbagai latar belakang, mulai dari mahasiswa, pegawai swasta, hingga pegawai pemerintahan.


Acara dibuka oleh pembawa acara Bapak Iwa Kusuma Suryadi selaku Academic & Digital Program Spt. Gramedia Academy dan dilanjutkan dengan doa bersama. Selanjutnya, peserta diberitahukan mengenai Literasi Week Challenge.  Peserta diajak untuk mengabadikan dan mengunggah potret menarik selama mengikuti acara di akun Instagram pribadi. Nantinya di akhir acara, akan diumumkan lima orang dengan unggahan paling menarik yang mendapatkan paket buku novel dan voucher dari Gramedia. Lalu, acara dilanjutkan dengan pembacaan biografi pembicara yakni Rahma Sinta selaku Country Manager,  Indonesia Centre of Tech Innovation in Education-CTIE, English Teacher, and Storytelling Coach. Setelah itu, pembicara memaparkan materi mengenai Tips and Trick TOEFL dan English Assessment TestMateri yang disampaikan mulai dari pengenalan apa itu TOEFL, alasan mengapa harus mengikuti TOEFL, jenis-jenis tes TOEFL, tipe-tipe soal TOEFL (listening comprehension, structure &  written expression, dan reading  comprehension), hingga strategi menjawabnya agar berhasil mendapatkan skor maksimal. Peserta pun sangat antusias dalam menyimak.


“Hari ini tentunya saya sangat senang karena narasumber yang disajikan adalah narasumber yang kompeten di bidangnya. Selain itu, materi yang disampaikan juga sangat mudah dipahami dan juga menyenangkan. Fasilitas yang disediakan Gramedia juga sangatlah nyaman dan gampang diakses,” ucap Sinta Nur Hasana sebagai salah satu peserta Gramedia  Literacy Week.


Setelahnya, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab,  lalu diikuti juga dengan ice breaking. Rangkaian acara selanjutnya yakni pemberian instruksi kepada peserta mengenai cara mengerjakan tes dan waktu yang diberikan untuk mengerjakan tes. Setelah itu, peserta disilakan untuk mengerjakan soal yang diberikan. Melalui Assessment Test ini peserta dapat memprediksi sejauh mana tingkat kemampuan bahasa Inggrisnya dari skor yang mereka peroleh. Sebagai bentuk apresiasi Gramedia Academy memberikan souvenir berupa goodie bag kepada seluruh peserta yang sudah hadir. Sesuai dengan tema acara ini, Gramedia Academy berharap melalui acara ini masyarakat dapat mengimbangi literasi digital dengan kemampuan berbahasa Inggris terutama bagi para generasi muda.


Rahma Sinta, selaku pembicara pada event ini, berharap agar ke depannya Gramedia Academy semakin sukses, maju terus, serta semakin banyak mengadakan kegiatan seperti ini agar bisa membantu teman-teman yang lain untuk improve diri mereka menjadi lebih baik. 

Selain itu, Reza Patria Wibowo selaku Public Relations  Manager Gramedia juga berharap agar acara seperti ini kembali diadakan lagi ke depannya.


“Harapannya, dari public relations bisa bekerja sama dengan Gramedia Academy kembali untuk mengadakan kegiatan-kegiatan serupa yang jauh lebih besar dan lebih menarik.”, ujarnya.


Dengan memiliki kemampuan bahasa Inggris kita akan lebih mudah dalam memilah informasi, memberikan rasa percaya diri untuk bisa bersaing dengan orang lain, serta dapat memperluas jaringan.


Bagi rekan-rekan yang belum sempat hadir pada acara ini, semoga kita bisa berjumpa di acara berikutnya. Yuk, follow Instagram @gramediaacademy agar rekan-rekan tidak ketinggalan informasi untuk acara menarik selanjutnya. 


Salam #PeopleDevelopment!