INQUIRY
CONTACT
Gramedia Academy

MEMPERLUAS CAKRAWALA, MEMPERKAYA KEHIDUPAN

Featured Website Cakrawala-02

Post by. Yunira Noor Rachmah & Sifa Jahada Al Haq

Date: January 31, 2022

Menjadi sukses merupakan dambaan setiap orang. Salah satu upaya dalam meraih kesuksesan adalah memiliki dan memperkaya wawasan yang luas. Dilansir dari buku dari Napoleon Hill, Think and Grow Rich (2006), Anda akan temukan rahasia yang menjadi kunci kesuksesan. Buku ini pertama kali terbit pada tahun 1937 dan telah terjual puluhan juta eksemplar di seluruh dunia. Buku ini juga dijuluki sebagai “buku sukses terlaris sepanjang masa”. Dimulai dari pertama diterbitkan hingga saat ini, buku ini tetap terbukti mampu mengubah hidup pembacanya. Rahasia tersebut pertama kali disampaikan kepada penulis oleh Andrew Carnegie. Banyak yang mengakui bahwa mereka terbantu oleh rahasia Carnegie dalam mengumpulkan kekayaan luar biasa miliknya, diantaranya:

  • Henry Ford mendirikan perusahaan mobil Ford dengan modal dan pendidikan minim. Tetapi, ia mampu menjadi salah satu pebisnis paling sukses dalam sejarah Amerika.
  • John Wanamaker menciptakan pusat perbelanjaan pertama di dunia dan menerima banyak pujian karena inovasinya dalam dunia pelayanan konsumen, pemasaran, dan pemberian keuntungan bagi karyawan.
  • George S. Parker mendirikan perusahaan pulpen parker dan mengubah ide sederhana menjadi sumber kekayaan.
  • Dr. Alexander Graham Bell dikenal sebagai penemu telepon, pakar pesawat terbang, rekan pendiri National Geographic Society dan menyempurnakan alat perekam.


Kesuksesan datang kepada mereka yang sadar akan kesuksesan. Kegagalan datang kepada mereka yang membiarkan diri sadar akan kegagalan. Maka dari itu, kekuatan pikiran sangat memengaruhi ketika Anda mulai berpikir dan menjadi kaya. Anda akan melihat kekayaan berawal dari sebuah pemikiran dengan sedikit kerja keras dan ketetapan tujuan. Anda juga merupakan “Penguasa Nasib dan Kapten Jiwa Anda.” Mengapa begitu? Karena manusia mempunyai kekuatan untuk mengendalikan pikiran. Apa pun yang bisa dibayangkan dan diyakini, pasti bisa diraih.


Setelah kekuatan pikiran, hasrat menjadi sebuah titik awal semua pencapaian dan langkah pertama menuju pencapaian hidup. Hasrat mengalahkan Hukum Alam. Kekuatan hasrat yang didukung keyakinan akan mengangkat orang dari awal yang buruk ke puncak kekuasaan dan harta.


Langkah kedua adalah meyakini kemampuan diri sendiri. Keyakinan merupakan kimia utama pikiran. Keyakinan juga merupakan pola pikir yang bisa diciptakan atau dibangkitkan lewat afirmasi dengan menerapkan prinsip auto-sugesti. Pengulangan afirmasi dapat meningkatkan emosi keyakinan. Keyakinan adalah titik awal semua akumulasi kekayaan dan satu-satunya obat penawar dalam kegagalan. Orang yang mudah menyerah tidak akan menjadi pemenang dan pemenang tidak pernah menyerah.


Auto-sugesti merupakan perantara untuk memengaruhi pikiran bawah sadar. Auto-sugesti juga merupakan langkah ketiga. Prinsip auto-sugesti bergantung pada kemampuan berkonsentrasi Anda. Bagaimana cara menstimulasi pikiran bawah sadar Anda?

  • Cari tempat yang tenang. Pejamkan mata dan ulangi keras-keras pernyataan yang sudah ditulis tentang jumlah uang yang ingin dikumpulkan, waktu pengumpulannya, dan apa saja yang diberikan sebagai pengganti uang tersebut.
  • Ulangi ritual ini pada pagi dan malam hari sampai Anda dapat mengimajinasikan uang yang ingin Anda kumpulkan.
  • Taruh salinan pernyataan tertulis dan bacalah saat bangun pagi dan hendak tidur sampai benar-benar tertanam di kepala.


Napoleon Hill berkata “Kelalaian memperluas cakrawala membuat sebagian orang hanya melakukan hal yang itu-itu saja dalam hidup mereka.” Maka dari itu, rekan-rekan, ayo mulai bergerak, perluas cakrawala, serta tanamkan sugesti positif dalam pikiran. Sukses datang dari pribadi yang berpikiran positif, kaya datang dari orang yang berpikiran positif, mau berusaha, serta mencoba. Salam #PeopleDevelopment!