INQUIRY
CONTACT
Gramedia Academy

MENGENAL ADJECTIVE ORDERS

Adjective Orders

Post by. Thomas Adrian & Yefona Parahiba

Date: June 13, 2022

Rekan-rekan, ada banyak hal yang kadang hanya kita kuasai secara apa adanya. Ibarat gunung es, kita hanya melihat pucuk gunung esnya saja, atau ibarat kacang, kita hanya mengenal kulitnya saja. Jika di dalam bahasa, mungkin kita hanya tahu bagaimana cara menggunakannya tapi tidak mendalami secara penuh bagaimana cara menggunakan yang tepat atau bagaimana teori serta urutan yang benar. Pada bahasa Inggris, umumnya tata bahasa akan cukup sulit dipelajari walaupun sudah digunakan hampir setiap hari; grammar apa yang tepat, susunan tata bahasa bagaimana yang benar, serta urutan kata yang sesuai. Biasanya kita akan lebih menggunakan feeling; kalau dirasa enak didengar, kemungkinan kalimat yang kita gunakan itu benar. Tapi bagi orang-orang yang tidak mempunyai kepekaan bahasa itu, akan menjadi sangat sulit. Salah satu yang sering digunakan tapi dapat membuat bingung adalah adjective orders. Apa itu?


Adjective Orders adalah sebuah susunan atau urutan kata keterangan (adjective) yang harus diikuti jika dalam sebuah kalimat terdapat lebih dari satu kata keterangan yang dibubuhkan sebelum nomina (noun). Menurut kamus daring Cambridge, urutan lengkap adjective orders adalah sebagai berikut:

  1. Opinion (lovely, beautiful, etc.)
  2. Size (big, small, etc.)
  3. Quality (smooth, rough, etc.)
  4. Age (young, old, etc.)
  5. Shape (round, square, etc.)
  6. Color (blue, black, etc.)
  7. Origin (Indonesian, Japanese, etc.)
  8. Material (plastic, wood, etc.)
  9. Type (U-shaped, general-purpose, etc.)
  10. Purpose (cooking, cleaning, etc.)


Walaupun ada 10 urutan, tapi rekan-rekan tak perlu khawatir bagaimana cara mengingatnya, karena hanya delapan dari 10 yang umum digunakan sehari-hari; hanya urutan-urutan yang dicetak tebal. Rekan-rekan dapat mengingatnya dengan menggunakan metode jembatan keledai, jadi adjective orders akan lebih mudah diingat atau dikenal dengan OSASCOMP (Opinion, Size, Age, Shape, Color, Origin, Material, & Purpose).


Mari masuk ke dalam contohnya!

  1. The Little Red Riding Hood
    Pada judul dongeng anak ini terdapat tiga buah kata keterangan, yaitu Little (size), Red (color), dan Riding (purpose). Sementara hood adalah kata bendanya.
  2. O’Connor is a handsome tall young Scottish man.

    Pada kalimat ini, ada empat kata keterangan: handsome (opinion), tall (size), young (age), dan Scottish (origin).

  3. That thing your kid bring is a smooth round donut-like pillow.

    Pada kalimat ini terdapat tiga kata keterangan: smooth (quality), round (shape), dan donut-like (type).


Ini memang jarang diajarkan secara langsung, umumnya hanya diajarkan melalui skill reading secara tidak langsung. Lalu pertanyaan yang muncul berikutnya adalah, “Apa tujuannya menciptakan urutan kata keterangan ini?” Nah, untuk pertanyaan ini agak sulit dijawab, karena tidak ada yang tahu. Tapi, dikutip dari grammarly.com, semakin penting kata keterangan tersebut maka semakin dekat letaknya dengan nomina.


Karena adjective orders jarang diajarkan secara langsung, mungkin kita terbiasa menggunakan feeling yang terlatih karena membaca. Tapi, namanya feeling bisa saja tepat, bisa saja kurang tepat. Ada baiknya rekan-rekan mengingat OSASCOMP agar tidak terbalik-balik. Salam #PeopleDevelopment!