Menyilangkan Jari dan Sejarah Di Baliknya

Gestur menyilangkan jari telunjuk dan jari tengah (to cross one’s fingers) bukan hanya sekadar gestur. Ada histori di balik gestur sederhana ini. Berdasarkan kamus daring, definisi dari finger crossed adalah to hope that something good will happen; to express good luck.

Kini kita tahu kalau crossing fingers artinya berharap sesuatu yang baik akan terjadi. Definisi ini berawal dari zaman aliran kepercayaan Paganisme kuno. Dilansir dari BBC Ideas (2019), pada aliran kepercayaan ini, dua orang yang menyilangkan jari melambangkan harapan akan keselamatan diri masing-masing.

Untuk penggunaannya di dalam kalimat, finger crossed akan menjadi seperti ini: “I’ve sick and tired of working at home. Finger crossed that this pandemic will soon be over.

Tapi selain definisi di atas, istilah ini juga memiliki makna dan kegunaan lain; untuk melakukan kebohongan yang didasari niat baik. Hal ini berakar pada era agama Kristen awal; gestur menyilangkan jari digunakan sebagai simbol memohon kekuatan, bimbingan, dan panduan dari Tuhan. Pada perkembangannya, gestur ini digunakan oleh para umat Kristen zaman dulu untuk menjauhkan atau meleburkan dosa (kebohongan) yang diucapkannya kepada penyiksa saat dipersekusi. Kemudian pada perkembangannya, penggunaan gestur ini digunakan oleh orang-orang untuk menyatakan kebohongan dengan niatan baik (white lies) atau berkomitmen pada janji yang tak ingin ditepati dengan cara mengatakan kebohongan atau janji tersebut sembari menyilangkan jari yang biasanya disembunyikan di balik punggung.

Yang perlu diperhatikan adalah, berhati-hatilah saat menunjukkan gestur menyilangkan jari ini. Gestur sederhana ini mungkin membuat Anda berada dalam masalah karena dianggap sebagai sesuatu yang kasar di beberapa negara; gestur ini dianggap sebagai simbol alat kelamin wanita dan merupakan sesuatu yang kasar serta tidak sopan jika menunjukkan gestur ini ketika Anda berada di Vietnam.



image by stockking on freepik: <a href=”https://www.freepik.com/free-photo/young-student-girl-glasses-with-pigtails-white-shirt-looking-front-emotional-worried-making-desirable-wish-biting-lip-crossing-fingers-standing-orange-wall_12114850.htm#query=Crossing%20Fingers%20and%20the%20History%20Behind%20It&position=13&from_view=search&track=ais&uuid=f65f5e1c-b2da-43a3-92b7-b65b7ae0e7d9″>Image by stockking</a> on Freepik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gramedia Academy

Promoting people development by conducting trainings and events based on books published by Gramedia Publishers

Telephone. (021) 53677834
WhatsApp. +6287793103435
Email. [email protected]