INQUIRY
CONTACT
Gramedia Academy

NIKMATI HIDUP DAN TERIMA APA ADANYA

 NIKMATI HIDUP DAN TERIMA APA ADANYA

Post by. Yunira Noor Rachmah & Alfira Fauzia

Date: November 28, 2021

Pada salah satu buku terlaris menurut New York Times berjudul “The Gifts of  Imperfection: Tak Apa-Apa Tak Sempurna” (2020), Dr. Brené Brown mengajak kita untuk belajar menerima diri apa adanya, tidak terlalu mencemaskan “apa yang orang lain pikirkan” tentang diri kita, sehingga kita bisa lebih mencintai diri sendiri apa adanya. Dengan mencintai diri sendiri merupakan tindakan paling berani yang pernah kita lakukan. Seperti perkataan Lucille Ball bahwa “Cintailah dirimu sendiri terlebih dulu, maka semuanya akan berjalan  secara tepat arah.” Tanpa perlu merasa takut, sedih atau merasa harus benar-benar menutupi kekurangan yang dimiliki bahkan merasa tidak sempurna.


Buku ini mengajari kita tentang bagaimana cara untuk menjalani hidup dengan sepenuh hati, merangkul kerapuhan dan kerentanan, serta menumbuhkan keberanian, belas kasih, dan keterhubungan. Dengan begitu, kita dapat menjalani proses perjalanan seumur hidup ini dengan baik.

Sangatlah penting untuk membicarakan apa yang perlu dibawa dalam perjalanan seumur hidup ini. Apa yang diperlukan untuk menjalani hidup dan mencintai dengan perasaan yang pantas? Bagaimana merangkul ketidaksempurnaan? Bagaimana menumbuhkan apa yang kita perlukan dan melepaskan hal-hal yang menghalangi kita? Jawaban dari semua pertanyaan tersebut yaitu ada di dalam keberanian, belas kasih, dan keterhubungan. Ketiga hal inilah yang diperlukan untuk membuka arah pada perjalanan hidup kita.


Keberanian, belas kasih dan keterhubungan bisa tampak sebagai cita-cita besar yang tinggi. Pada kenyataannya, semua itu adalah praktik sehari-hari yang perlu dilatih. Kita sebagai manusia tentu tidak sempurna, maka kita berkesempatan untuk melatih ketiga hal tersebut setiap hari. Dengan demikian, ketiga hal ini menjadi karunia istimewa dari ketidaksempurnaan tadi.


Di dalam buku ini juga, dijelaskan tentang menjelajahi kekuatan cinta, perasaan memiliki dan perasaan memadai. Di setiap perjalanan yang kita tempuh, kita akan menghadapi halangan; apa yang menjadi penghalang terbesar dalam hidup dan bagaimana kita dapat mengembangkan strategi yang efektif untuk bergerak maju melewati halangan tersebut.


Menurut  Dr. Brené Brown di dalam bukunya, kita juga akan menjelajahi sepuluh pilar petunjuk kekuatan hidup dengan Sepenuh Hati diantaranya:

  1. Menumbuhkan Keautentikan: Melepaskan Pendapat Orang  Lain
  2. Menumbuhkan Belas Kasih kepada Diri: Melepaskan  Perfeksionis
  3. Menumbuhkan Spirit yang Lentur: Melepaskan  Pengebalan Diri dan Ketidak-Berdayaan
  4. Menumbuhkan Syukur dan Kebahagiaan: Melepaskan  Perasaan Berkekurangan dan Takut pada Kegelapan
  5. Menumbuhkan Intuisi dan Memercayai Iman: Melepaskan  Kebutuhan akan Kepastian
  6. Menumbuhkan Kreativitas: Melepaskan Perbandingan
  7. Menumbuhkan Sikap Bermain dan Istirahat: Melepaskan  Keletihan sebagai Simbol Status dan Produktivitas sebagai Harga Diri
  8. Menumbuhkan Ketenangan dan Keheningan: Melepaskan  Kecemasan sebagai Gaya Hidup
  9. Menumbuhkan Kerja yang Penuh Makna: Melepaskan  Keraguan Diri dan “Seharusnya”
  10. Menumbuhkan Tawa, Nyanyi, dan Tari: Melepaskan Keinginan untuk Tampak Tetap Tenang dan  “Selalu Memegang Kendali”


Saat rekan-rekan belajar menerima diri apa adanya, tidak terlalu mencemaskan “apa yang orang lain pikirkan” tentang diri kita, hal ini akan menuntun kita pada tiap langkah nyata. Perubahan besar sedang menanti rekan-rekan. Tentunya, hal ini dimulai dari diri sendiri. Ketika rekan-rekan sedang menentukan langkah, pasti menyadari akan tantangan kehidupan yang nanti datang menerpa. Yang paling penting bukan seberapa besar tantangannya. Tapi, seberapa besar keinginan kita untuk menghadapi dan melewati tantangan tersebut demi menjadi diri kita sendiri. Ini adalah sebuah cara yang ditawarkan oleh Dr. Brené Brown untuk terlibat dengan dunia yang akan membuat kita menjadi lebih sehat, lebih bahagia, dan lebih bersyukur.


Salam #PeopleDevelopment !