INQUIRY
CONTACT
Gramedia Academy

PELAFALAN BAHASA INGGRIS YANG TRICKY

Pelafalan Bahasa Inggris Yang Tricky

Post by. Yefona Parahiba

Date: January 10, 2022

Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia memiliki kesamaan pada abjad yang digunakan, namun pengucapannya bisa cukup berbeda. Misalnya saja, penggunaan huruf "e" pada kata eye; pelafalannya dibaca "ai".


Itu hanyalah salah satu contoh. Masih banyak cara pelafalan yang cukup tricky dan kerap membuat seseorang melakukan salah pengucapan atau mispronounce. Berikut adalah beberapa pelafalan yang cukup sering membuat orang cukup kesulitan untuk mengucapkannya:


Huruf rangkap ch

Digraf, atau huruf rangkap, ch seringkali dibunyikan dengan tj — seperti dalam kata chicken, chair, dan beach. Pelajar bahasa Inggris kerap menerapkan pola yang sama pada kata stomach, sehingga mereka melafalkannya menjadi "stomatj". Namun, cara ini keliru karena ch dalam stomach sebetulnya berbunyi k seperti black, duck, dan trick. Jadi, pengucapan stomach yang benar adalah “sta-mek”.


Silent letter

Kata ini adalah satu contoh dari banyak kata lain dalam bahasa Inggris dengan huruf mati (konsonan) yang tidak dibunyikan; tidak diucapkan sama sekali (silent letter). Dalam hal answer, huruf w diabaikan sehingga pengucapan yang tepat adalah 'ansr atau dibaca “an-ser”. Huruf w model seperti ini juga terdapat dalam kata sword (sord), wrinkel (rin-kel), dan wrestle (res-sel).


Selain huruf w, ada juga silent letter t pada kosakata castle  (cas-sel) dan listen (lis-sen) serta silent letter b pada thumb (θam; “tham”), climb (klaim), dan bomb (bam).


Perlu dipanjangkan atau tidak?

Menurut aturan ejaan dalam bahasa Inggris, huruf hidup (vokal) terakhir dalam kata berakhiran huruf e harus diucapkan dengan cara dipanjangkan bunyinya. Contohnya, dalam kata dine, fine, dan mine, huruf i dibunyikan menjadi ai. Namun, aturan ini sering digunakan secara keliru untuk kata-kata serupa, misalnya vehicle. Aturan bunyi yg baru saja dibahas tidak dipakai di sini; pengucapan vehicle yang benar adalah "vee-hik-el”. Hal sama berlaku untuk kata determine (dee-ter-min) dan examine (ig-zamen). Perlu diperhatikan, ini cara pengucapan British English (BrE), ya!


Huruf rangkap ue

Huruf rangkap ini termasuk kata yang sering salah diucapkan; kata Mosque yg berakhiran huruf rangkap ue membuat banyak orang cenderung melafalkan kata itu sebagai “mosk-you”. Aturan yang benar adalah huruf rangkap ue ini tidak dibunyikan, sehingga pelafalan mosque yang tepat sebenarnya singkat dan sederhana; "mosk".


Selain kata Mosque, kata lain yang menggunakan huruf rangkap ue adalah queue (Bahasa Indonesia: antrean). Cara membacanya mudah, hanya baca huruf pertamanya saja, mengingat huruf rangkap ue tidak dibunyikan sementara kata ini mempunyai dua pasang huruf rangkap ue.


Itulah beberapa jenis pelafalan yang cukup sering menjadi momok dalam Bahasa Inggris. Sebenarnya masih ada banyak lagi yang perlu diperhatikan dan dipelajari. Nah, setelah membaca ini, apakah selama ini pelafalan rekan-rekan akan beberapa kata di atas sudah benar?


Salam #PeopleDevelopment!