INQUIRY
CONTACT
Gramedia Academy

PENALARAN KITA MENGENAI KEHIDUPAN

Penalaran Kita Mengenai Kehidupan

Post by. Yunira

Date: May 31, 2021

Daniel Kahneman mengangkat dua pemikiran yang ditulis dalam bukunya berjudul “Thinking,  Fast and Slow” dikenal sebagai:

  • Sistem 1 yang berpikir cepat, intuitif, dan emosional. Contoh keadaan dari sistem ini yaitu mendeteksi bahwa satu benda berjarak lebih jauh ke kita daripada benda lain (perspektif), memasang “muka takut” ketika diperlihatkan gambar seram, menyetir mobil di jalan kosong, dan mengerti kalimat-kalimat sederhana.
  • Sistem 2 yang berpikir lambat dan bekerja keras, penuh pertimbangan, memantau Sistem 1, lebih logis dan mengendalikan sebisa mungkin dengan sumber daya terbatas. Contoh keadaan dari sistem ini yaitu bersiap menunggu tembakan pistol tanda start dalam lomba lari, menjaga kelakuan dalam situasi sosial, mengisi surat laporan pajak, dan lainnya.

Sistem 1 menjadi sumber banyak hal yang kita lakukan dengan benar – dan itulah sebagian besar yang kita lakukan. Pemikiran dan perbuatan kita secara rutin dibimbing Sistem 1 dan biasanya tepat sasaran.

Sistem 2 yang penuh perhatian adalah sosok yang kita anggap sebagai diri kita. Yang membuat pertimbangan dan pilihan, tapi sering menyetujui atau merasionalkan gagasan dan perasaan yang ditimbulkan oleh Sistem 1. Sistem 2 juga mencegah banyak pemikiran konyol dan impuls tak pantas dari ekspresi berlebihan. Kemampuannya terbatas, demikian juga pengetahuan yang bisa diaksesnya.

Dalam kehidupan ini, kita tidak selalu berpikir lurus ketika bernalar, dan kesalahan kita tak selalu disebabkan intuisi yang mengganggu dan tak tepat. Kita kadang melakukan kesalahan karena kita tidak tahu banyak.