INQUIRY
CONTACT
Gramedia Academy

PERENCANAAN KARIER BAGI FRESH GRADUATE

Freshgraduate

Post by. Aulia Rachma

Date: July 21, 2022

Bekerja di perusahaan bergengsi dengan karier atau jabatan yang bagus merupakan suatu impian bagi semua fresh graduate. Namun, tak jarang mereka bingung untuk bagaimana mulai mempersiapkannya. Maka dari itu, para fresh graduate harus membuat perencanaan agar karier di masa yang akan datang dapat terencana dengan baik.


Perencanaan karier merupakan suatu perencanaan yang dibuat oleh setiap individu dengan tujuan dapat meniti karier dengan jenjang waktu yang sesuai dengan yang direncanakan. Banyak orang yang berpikir bahwa mendapat karier yang bagus itu tergantung nasib setiap orang, padahal jika perencanaan karier sudah dibuat, maka kita dapat terpacu untuk mencapai target yang telah dibuat.


 Lalu bagaimana cara untuk memulai membuat perencanaan karier?


1. Cari tahu passion dan visi

Langkah utama untuk membuat perencanaan karier adalah dengan mengenali diri sendiri. Rekan-rekan bisa mulai mengenal diri dengan mencari tahu apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan. Agar lebih mudah untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, rekan-rekan dapat mencoba tes kepribadian seperti tes MBTI. Meskipun tidak 100% akurat, tetapi setidaknya ada beberapa poin yang sesuai dengan kepribadian rekan-rekan. Kemudian, rekan-rekan juga dapat mencoba hal-hal baru agar dapat menemukan passion yang diminati. Jika sudah menemukannya, cobalah untuk serius mendalaminya karena siapa tahu, rekan-rekan dapat mengetahui pekerjaan apa yang cocok dengan rekan-rekan. Coba cari tahu dan tentukan visi hidup untuk saat ini hingga masa yang akan datang. Untuk menentukan itu, rekan-rekan dapat membayangkan kira-kira lima sampai sepuluh tahun yang akan datang akan seperti apa serta pencapaian apa yang ingin didapatkan. Ketika sudah memiliki visi hidup, maka rekan-rekan akan termotivasi untuk mendapat kesuksesan.


2. Tentukan tujuan kariermu

Dalam berkarier, rekan-rekan juga harus memiliki tujuan; jangan hanya mengikuti bagaimana arusnya saja. Jika tidak memiliki tujuan karier maka bisa jadi rekan-rekan hanya akan stuck. Rekan-rekan dapat menentukan tujuan karier dengan membuat perencanaan: berapa lama rekan-rekan akan bekerja di perusahaan tersebut serta pencapaian dan pengalaman apa yang ingin didapatkan di perusahaan tersebut.


3. Melakukan riset terhadap pekerjaan yang kamu minati

 Sebelum rekan-rekan apply lamaran pekerjaan di suatu perusahaan, rekan-rekan perlu melakukan riset atau mencari tahu terhadap posisi yang sedang dibutuhkan. Cari tahu bagaimana proses yang dibutuhkan untuk menaikkan karier rekan-rekan, bagaimana peluang karier yang akan didapatkan dan apa yang harus dilakukan selama meniti karier di pekerjaan tersebut. Jika rekan-rekan sudah memiliki hasil riset, maka rekan-rekan akan lebih mudah dalam membuat perencanaan karier.


4. Membuat personal  branding

Personal  branding juga penting untuk menaikkan karier. Orang-orang dapat mengenal rekan-rekan lewat personal branding yang telah dibuat. Di era digital ini, rekan-rekan dapat membuat personal branding lewat sosial media. Ada banyak sosial media yang bisa digunakan seperti YouTube, Instagram, LinkedIn, Twitter, dan sebagainya. Rekan-rekan tidak harus membuat personal branding di semua sosial media, tetapi jika kebutuhan dan target audience rekan-rekan membutuhkan semuanya, maka silakan maksimalkan personal branding di setiap sosial media. Agar personal branding tidak dicap “pencitraan” maka rekan-rekan dapat menyertakan portofolio di sosial media sehingga orang-orang akan percaya bahwa rekan-rekan adalah orang yang benar sudah berpengalaman.


5. Perbanyak skill dan relasi

Saat ini, persaingan di dunia kerja semakin ketat sehingga perusahaan akan memilih seorang pekerja yang memiliki skill yang cocok dengan perusahaan. Semakin banyak skill yang dikuasai, semakin besar peluang rekan-rekan untuk diterima dan dipercaya untuk bekerja di perusahaan. Rekan-rekan dapat memiliki skill dengan mengikuti webinar atau kelas-kelas pelatihan. Selain skill, relasi juga dibutuhkan untuk menaikkan karier. Dengan memiliki banyak relasi, maka rekan-rekan akan memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman dalam dunia kerja.


Itulah kelima cara yang dapat dicoba untuk membuat perencanaan karier. Cobalah untuk membuatnya meskipun tidak terlalu mudah untuk dilakukan. Tetapi, perencanaan karier yang matang akan berguna bagi rekan-rekan dalam meningkatkan jenjang karier. 


Salam #PeopleDevelopment!