INQUIRY
CONTACT
Gramedia Academy

PERKEMBANGAN HOBI MERAJUT DAN MERENDA DI INDONESIA

Perkembangan Hobi Merajut Dan Merenda Di Indonesia

Post by. Rayhan Varian Devara

Date: July 01, 2021

Crochet adalah sebuah istilah yang digunakan untuk teknik merenda. Crochet merupakan cara membuat baju ataupun barang dengan menggunakan benang dan jarum dengan kaitan spesial. Banyak sekali barang-barang yang berasal dari crocheting seperti topi, syal, tas, hingga boneka.


Dilansir dari crochet.org, salah satu bukti yang paling awal ditemukannya crochet (merenda) adalah di Amerika Selatan, di mana sebuah suku pedalaman menggunakan perhiasan dari hasil merenda sebagai tanda bahwa anggota suku tersebut telah melewati masa pubertas.


Merenda sering disamakan dengan merajut, padahal kedua teknik ini berbeda. Merenda menggunakan sebuah jarum yang bernama hakpen yang memiliki bentuk seperti kail yang di ujung lekukannya dapat diletakkan benang. Sedangkan merajut menggunakan jarum bernama breien yang bentuknya berbeda dengan hakpen. Breien memiliki bentuk seperti tongkat yang ujungnya runcing. Penggunaan jarum inilah yang membuat perbedaan antara merenda dan merajut.


Banyak sekali orang yang melakukan aktivitas merenda untuk mengisi waktu luang. Di Indonesia sendiri, komunitas merenda dan merajut sendiri sudah terbentuk, salah satunya yaitu Komunitas Rajut Kejut.


Komunitas Rajut Kejut pernah mengadakan acara di ruang publik saat HUT RI ke-72. Mereka mengadakan sebuah acara merajut, hasil rajutan tersebut akan disatukan untuk menjadi bungkus sebuah pohon. Rajutan tersebut mengusung tema merah dan putih. Ini menjadi bukti bahwa merajut merupakan kegiatan yang ramai dilakukan di Indonesia. Salah satu penggiat teknik rajut adalah Nungki Martika. Ia merilis buku berjudul Amigurumi: Seni Merajut Boneka Binatang Lucu. Melalui buku ini, Beliau mengajarkan teknik merajut untuk membentuk sebuah boneka yang disebut Amigurumi; boneka asal Jepang yang berbentuk binatang dan proses pembuatannya menggunakan dua teknik: merajut dan merenda.


Perkembangan dan antusiasme warga Indonesia terhadap crochet sangatlah besar karena banyaknya kegiatan, komunitas, hingga buku yang membahas tentang crochet