INQUIRY
CONTACT
Gramedia Academy

PERTUMBUHAN DAN PERUBAHAN PRIBADI

PERTUMBUHAN DAN PERUBAHAN PRIBADI

Post by. Yunira Noor Rachmah

Date: August 30, 2021

Dua psikolog terkemuka di Amerika menceritakan bagaimanarekan-rekan dapat membebaskan diri dari “lifetrap” yang merusak dengan teknik terobosan menyenangkan dan akan mengubah hidup. Menurut Jeffrey E. Young, PH.D. dan Janet S. Klosko, PH.D. (2020) berpendapat bahwa “Lifetrap adalah polayang dimulai dari masa kecil dan bergaung di sepanjang hidup; dimulai dengan sesuatu yang telah dilakukan terhadap kita oleh keluarga atau anak-anak lain. Lifetrap menentukan bagaimana kita berpikir, merasa, bertindak, dan berhubungan dengan orang lain.“ Dengan kata lain, lifetrap adalah jebakan dalam hidupyang terjadi pada masa lalu dan memengaruhi pola perilakuserta kehidupan pribadi di sepanjang hidup.


Dilansir dari buku “Reinventing Your Life: Solusi untuk Mengubah Tindakan Negatif dan Merasa Lebih Baik” (2020) karya Jeffrey Young dan Janet Klosko, terdapat sebelas lifetrap yang dirangkum sebagai berikut:


Dua lifetrap berkaitan dengan kurangnya rasa aman dalamkeluarga waktu kecil.

1.  Abandonment, perasaan bahwa orang yang Anda cintaiakan meninggalkan Anda, dan Anda berakhir dengan keterasingan secara        emosi         selamanya.

2. Mistrust and Abuse, dugaan bahwa orang akan menyakitiatau memanfaatkan Anda dengan cara tertentu: menipu, berbohong, memanipulasi,          menghina, menyakiti secarafisik, atau mengambil keuntungan dari Anda.


Dua lifetrap berhubungan dengan kemampuan Anda untukmandiri di dunia.

 3. Dependence, merasa tidak dapat menangani hidup sehari-hari dengan kompeten tanpa bantuan orang lain.

 4. Vulnerability, hidup dalam ketakutan akan bencana; baikitu bencana alam, kejahatan, medis, atau keuangan.


Dua lifetrap berhubungan dengan kekuatan koneksi emosiAnda dengan orang lain.

5. Emotional Deprivation, keyakinan bahwa kebutuhan Anda akan cinta tak akan pernah terpenuhi secara cukup oleh orang lain.

6. Social Exclusion, kedekatan emosi Anda dengan teman-teman dan kelompok lebih tepatnya merasa terasing dan berbeda.


Dua lifetrap berhubungan dengan harga diri.

7. Defectiveness, Anda merasa di dalam diri Anda cacat dan tidak berharga.

8. Failure, keyakinan bahwa Anda tidak cukup mampu dalamarea pencapaian.


Dua lifetrap berhubungan dengan ekspresi diri.

9. Subjugation, Anda mengorbankan kebutuhan dan keinginanAnda sendiri demi menyenangkan orang lain ataumemenuhi kebutuhan mereka.

10. Unrelenting Standards, Anda berjuang tanpa henti untukmemenuhi pengharapan yang sangat tinggi untuk dirisendiri.

11. Entitlement berkaitan dengan kemampuan untukmenerima batasan-batasan realistis dalam hidup.


Menurut D. W. Winnicott, masa kecil kita harus “cukup baik” agar kita menjadi orang dewasa yang sehat. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh rekan-rekan, diantaranya: menciptaka nrasa aman, mengembangkan kedekatan emosi dengan orang lain dengan melibatkan keintiman dan perasaan memiliki atau menjadi bagian dari sesuatu (sense of belonging), memupukperkembangan otonomi, mendukung harga diri, kebebasan untuk mengekspresikan diri, dan memiliki batasan-batasan realistis – menerima batas-batas internal dan eksternal yang realistis atas perilaku Anda sendiri.


Rekan-rekan sudah terlanjur tumbuh dewasa - kalau tidak bisa dibilang tua - dan teknologi saat ini belum memungkinkan bagi seseorang untuk menciptakan mesin waktu dan mengubah masa lalu. Maka dari itu, hiduplah, tumbuhlah, dan ubahlah pribadi masing-masing secara psikis agar dapat terhindar dari lifetrap yang bisa saja mengungkung rekan-rekan sepanjang usia.


Salam #peopledevelopment!