INQUIRY
CONTACT
Gramedia Academy

SALES SEBAGAI NAFAS BISNIS

Gramedia Academy

Post by. Beni Dwi N

Date: November 16, 2018

Menjadi seorang sales barangkali bukanlah cita-cita sebagian besar orang. Tidak sedikit dari mereka yang berprofesi menjadi sales adalah buah dari ketidaksengajaan, pengkondisian ataupun bahkan keterpaksaan.


Namun, dalam institusi bisnis dewasa ini, sales memainkan peran vital bagi keberlangsungan bisnis. Sales merupakan salah satu nafas hidup dalam dunia bisnis dan sekaligus menjadi panglima terdepan yang menentukan kondisi institusi bisnis yang diwakilinya.


Karena peran esensial itulah, setiap salesperson harus mendapatkan pelatihan, pendampingan, dan pengembangan untuk mengasah kemampuan menjualnya. Coach Ben Abadi, penulis buku best seller tentang sales "How to Close Your First Sale?", mengungkap rahasia bagaimana menjadi sales yang mampu melakukan closing dengan efektif. Coach Ben mengatakan bahwa sales itu 50% ilmiah dan 50% seni. Artinya, ada cara-cara umum yang mendasar yang dapat dipelajari oleh siapapun yang akan terjun atau sedang berada di dunia sales. Sisanya adalah pengembangan dan feeling yang hanya akan didapat dari pengalaman yang bisa diperoleh dari diri sendiri ataupun dari orang yang telah berpengalaman.


Coach Ben menegaskan bahwa sales adalah transference of feeling. Artinya, setiap salesperson dituntut untuk memiliki kemampuan menempatkan diri dan ikut merasakan apa yang dialami customer. Seorang sales harus lebih banyak bertanya dan mendengarkan apa yang dibutuhkan customer sehingga ia lebih dapat memahami kebutuhan customer itu. Penjelasan melalui kata-kata hanya diberikan sejauh dipandang efektif dan memang berguna bagi customer.