INQUIRY
CONTACT
Gramedia Academy

WUJUDKAN MIMPI DENGAN KEUANGAN YANG SEHAT

WUJUDKAN MIMPI DENGAN KEUANGAN YANG SEHAT

Post by. Yunira Noor Rachmah & Alfira Fauzia

Date: October 28, 2021

Dalam buku “Make  It Happen, Now!” (2021), Prita Hapsari Ghozie mencoba membangun kesadaran masyarakat tentang perlunya perencanaan keuangan yang baik, agar bisa hidup sehat secara finansial, bebas stres karena utang dan mampu mencapai financial goals.

“Tidak ada bagian dari kehidupan kita yang tak tersentuh oleh uang, sehingga kondisi keuangan saat ini pasti akan sangat berdampak pada hidup kita. Kemampuan seseorang untuk mengelola rezeki dalam bentuk uanglah yang akan berperan besar dalam keberhasilan mewujudkan mimpi, BUKAN banyaknya uang yang dia punya. Mengelola membutuhkan logika, kesabaran, juga persistensi untuk mewujudkan mimpi yang jujur dan paling berarti untuk diri kita sendiri.” menurut Prita Ghozie yang tertuang dalam bukunya.

Dimulai dari kita terlahir ke dunia sampai nanti kita kembali ke Sang Pencipta, kita selalu membutuhkan yang namanya uang. Benar, mengelola rezeki dalam bentuk uanglah yang akan berperan besar dalam keberhasilan mewujudkan mimpi, bukan banyaknya uang yang kita punya. Jika kita mempunyai banyak uang tapi tidak bisa mengelolanya dengan tepat, hidup akan terasa kekurangan uang. Seperti kutipan yang dikatakan oleh Ayah Prita Ghozie, “Orang yang kerap berkata hidup itu mengalir seperti air, ikuti saja ke mana arusnya, adalah orang yang tidak berani menghadapi hidup.” Sama halnya, orang yang bekerja tiap hari dan uang yang dihasilkan untuk membiayai keperluan hidup tanpa mengelolanya dengan benar sama saja orang yang menghamburkan uang tanpa ada tujuan yang jelas kedepannya.

Secara alamiah, manusia akan melewati beberapa tahapan kehidupan yang sangat berpengaruh terhadap bentuk dan manifestasi keinginan masing-masing.

  • Fresh  start: Anda yang masih menjalani tingkat perkuliahan atau bahkan baru mulai bekerja. Di usia ini biasanya tanggung jawab belum begitu besar, sehingga hasil kerja yang didapat kebanyakan dihabiskan langsung.
  • Young  & growing: sebagian dari Anda mungkin sudah mulai berkeluarga, tapi sebagian lain mungkin belum. Satu hal yang menjadi persamaan adalah Anda berada di usia jelang atau 30-an tahun. Banyak hal yang sepertinya harus diwujudkan hingga Anda bingung mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu.
  • Mature  & settled: kebanyakan dari Anda sudah memiliki pekerjaan yang mapan, anak-anak sudah mulai dewasa dan masa pensiun sudah hampir di depan mata.
  • Golden  age: inilah saatnya Anda menikmati semua hasil kerja keras dan investasi yang telah Anda siapnkan matang-matang.

Setidaknya rekan-rekan perlu mengevaluasi keadaan finansial Anda, apakah keuangan Anda saat ini sudah sehat atau belum? Apakah Anda sudah memulai dengan Good Money  Habit? Lalu, bagaimana cara membuat rencana keuangan? Apakah Anda sudah menyisihkan untuk dana hari tua? Rasanya Anda perlu memahami tentang berinvestasi termasuk penjelasan tentang asuransi; yang mana sangat penting untuk dipahami terlebih dahulu, sebelum menentukan asuransi yang tepat sesuai kebutuhan.

Meraih mimpi dan keinginan akan kesejahteraan hidup merupakan hak setiap orang. Ketika orang memiliki mimpi yang melibatkan uang, kebanyakan takut membicarakannya bahkan mewujudkannya. “Setiap orang berhak memiliki mimpi. Setiap orang juga berhak berusaha mewujudkan mimpinya.” Mimpi-mimpi yang dibahas pun mimpi yang umumnya diinginkan semua orang, seperti kebutuhan memiliki sebuah rumah. Pertimbangan dalam membeli rumah sampai memilih KPR. Selain itu juga bagaimana mempersiapkan pendidikan anak (yang ternyata tingkat inflasinya paling besar tiap tahun).

Merencanakan dan mengalokasikan dana untuk kebutuhan leisure time seperti traveling, belanja, dan lain sebagainya perlu dipelajari dan disiasati. Anda perlu memiliki wawasan akan kartu kredit, apalagi kalau kita terjebak dengan gaya hidup konsumtif dan pembelian impulsif.

Saat rekan-rekan membuat perencanaan matang dalam mewujudkan mimpi, hal ini akan menuntun Anda pada tiap langkah nyata. Perubahan besar sedang menanti rekan-rekan. Tentunya, hal ini dimulai dari diri sendiri. Saat menentukan langkah, pasti menyadari akan tantangan kehidupan yang akan datang menerpa. Yang paling penting bukan seberapa besar tantangannya. Tapi, seberapa besar keinginan kita untuk melawan tantangan tersebut demi mewujudkan mimpi kita. Let's start planning and you  are going to Make It Happen Now!


Salam #PeopleDevelopment!