APRINDO Mengapresiasi Akademi Ritel Gramedia melalui Kuliah Umum Pengetahuan Industri Ritel

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) hadir untuk mengisi mata kuliah Akademi Ritel Gramedia batch 14 selama dua hari pada Senin dan Selasa, 22-23 Februari 2021. Mata kuliah Pengetahuan Industri Ritel ini disampaikan oleh dosen tamu dari perusahaan-perusahaan ritel sebagai penambah wawasan bagi mahasiswa akan perusahaan ritel lain selain Gramedia.

Kuliah umum Pengetahuan Industri Ritel hari pertama dipandu oleh Mas Samuel Krisnawan selaku koordinator Akademi Ritel Gramedia dan sesi pembukaan kelas dibuka oleh Mas Yosef Adityo dari Corporate Secretary General Manager Gramedia, dengan dosen tamu Bapak Roy Nicholas Mandey selaku Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) yang mewakili ritel Hypermart dan Matahari.

Bapak Roy Nicholas Mandey memaparkan materi mengenai kondisi perusahaan ritel secara makro dan perkembangan toko-toko ritel dari offline ke online. Beliau menekankan dua hal, yang pertama adalah perusahaan-perusahaan ritel harus me-redesign untuk mengikuti perilaku konsumen. Sebagai contoh, perusahaan Amazon sudah menerapkan berbelanja tanpa cashier dan waiters. Amazon yang awalnya toko buku secara daring, kini sudah menawarkan kebutuhan pokok sehari-hari. Saat ini Amazon sudah merambah ke physical store (toko fisik) yang dikenal sebagai Amazon Go. Sementara yang kedua, perusahaan ritel harus menanamkan survival innovation; bertahan di zaman serba digital dengan cara bekerja sama dengan beberapa marketplace di Indonesia untuk melakukan proses penjualan. Dengan kata lain, perusahaan ritel harus menerapkan kolaborasi dengan menanamkan sistem O2O (offline to online).

Pada kuliah umum Pengetahuan Industri Ritel hari kedua, Akademi Ritel Gramedia menghadirkan dosen tamu Direktur Eksekutif APRINDO Bapak Setyadi Surya yang mewakili Ramayana. Pada pemaparannya, Beliau menjelaskan tentang analisa produk, kontribusi penjualan, dan sumber daya manusia yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan ritel. Selain itu, Bapak Setyadi Surya menambahkan jika seseorang ingin sukses berkarier di dunia ritel, dia harus memiliki rasa kepedulian. Dengan rasa kepedulian yang tinggi, maka kita akan melihat dengan detail. Hal ini sejalan dengan pepatah yang diyakininya, yaitu “Retail is detail.” 

#AkuAnakRitel, Salam Inspirasi!

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gramedia Academy

Promoting people development by conducting trainings and events based on books published by Gramedia Publishers

Telephone. (021) 53677834
WhatsApp. +6287793103435
Email. [email protected]