INQUIRY
CONTACT
Gramedia Academy

GRAMEDIA ACADEMY MERAMAIKAN ACARA TEMU RAYA PRAKERJA 2022

Temu Raya Prakerja 2022

Post by. Thomas Adrian

Date: June 20, 2022

Setelah berjalan selama 32 gelombang, tim Program Kartu Prakerja mengadakan acara Temu Raya Prakerja 2022 dengan tajuk #KitaPrakerja. Acara yang diadakan di Sentul International Convention Center (SICC) ini dihadiri lebih dari 7.000 orang yang terdiri dari perwakilan alumni Program Kartu Prakerja, mitra Program Kartu Prakerja, (Digital Platform dan Lembaga Pelatihan), serta seluruh pihak yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung pada proses Program Kartu Prakerja. Acara ini diinisasi oleh Bapak Presiden Ir. H. Joko Widodo.


Acara yang bisa dibilang sebagai reuni akbar ini dibawakan oleh pembawa acara dan aktris ternama Indonesia, Ronal Surapradja dan Astrid Tiar. Acara dibuka dengan nyanyian lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dinyanyikan serentak oleh seluruh hadirin di auditorium, membuat suasana merinding penuh haru karena semua orang bernyanyi senada serentak. Lalu acara dilanjutkan dengan penampilan band komedi, Jigo, yang membawakan dua lagu pop Indonesia yang liriknya dimainkan sedemikian rupa sehingga menimbulkan gelak tawa. Setelah itu, Bapak Presiden Ir. H. Joko Widodo pun hadir bersama dengan rombongannya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Gubernur Propinsi Jawa Barat Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D., serta anggota rombongan lainnya.


Bapak Presiden Joko Widodo memaparkan bahwa sudah ada 115 juta orang yang mendaftar dan terverifikasi di Program Kartu Prakerja, dengan kisaran 84 juta orang yang telah diterima, dan 12,8 juta orang yang telah menerima manfaat dari program pemerintah yang diinisiasi pada awal 2020 yang lalu. Di sana pula Bapak Presiden mengundang beberapa perwakilan alumni Program Kartu Prakerja untuk membagikan pengalamannya dalam proses mendaftar dan verifikasi data, penerimaan, serta mendapatkan manfaat dari program ini; baik secara ilmu maupun finansial. Tentu tak ketinggalan, seperti biasa, Bapak Presiden membagikan sepeda bagi para perwakilan tersebut. Kemudian acara dilanjutkan dengan penampilan lagu tema Prakerja oleh duo Power Star Rap dari Nusa Tenggara Timur serta komedi tunggal yang dibawakan oleh Ephy Pae. Acara diakhiri oleh penampilan band D’Masiv.


Gramedia Academy sebagai mitra Lembaga Pelatihan (LP) pada Program Kartu Prakerja juga tidak turut ketinggalan hadir dan meramaikan acara Temu Raya Prakerja 2022 ini dengan mengirimkan perwakilan yang berjumlah tujuh orang sebagai tim mitra. Sebagai institusi yang menyediakan pengetahuan dalam bentuk pelatihan (Knowledge and Training Provider) yang disusun secara tajam dan spesifik, menggunakan model user to user, dan terfokus pada best practice, Gramedia Academy telah menghadirkan dua materi pelatihan yang bisa diakses oleh peserta Program Kartu Prakerja. Ke depannya, akan ada lagi dua materi yang dapat diakses.


Selain datang sebagai perwakilan mitra, Gramedia Academy juga turut mendukung dalam bentuk pengadaan souvenir yang diberikan pada semua peserta acara yang hadir di sana. Souvenir tersebut berupa goodie bag, buku non-fiksi, serta voucher pelatihan Kelas Online Gramedia Academy yang bisa diakses dengan memindai (scanbarcode yang ada. Gramedia Academy berharap dengan kehadirannya di Program Kartu Prakerja, akan semakin banyak masyarakat Indonesia penerima manfaat Program Kartu Prakerja yang mendapatkan insight serta ilmu yang dapat membangun Sumber Daya Manusia. Hal ini juga seiring sejalan dengan arahan Bapak Presiden Joko Widodo pada acara Temu Raya Prakerja 2022 yang menekankan bahwa hal terpenting dari pembangunan adalah Sumber Daya Manusia, karena merekalah yang dapat mengolah serta memanfaatkan Sumber Daya Alam negara Indonesia yang melimpah ruah.


Bagi para alumni Program Kartu Prakerja yang belum sempat hadir pada acara tempo hari, sampai jumpa di acara Temu Raya Prakerja berikutnya. Salam #PeopleDevelopment!