INQUIRY
CONTACT
Gramedia Academy

KILAS BALIK GRAMEDIA ACADEMY DI BULAN AGUSTUS

Kilas Balik Gramedia Academy Di Bulan Agustus

Post by. Thomas Adrian

Date: August 23, 2021

Tidak terasa bulan kedelapan di tahun 2021 akan segera berakhir. Banyak event dan kelas Gramedia Academy yang sudah berjalan pada periode ini. Berikut adalah beberapa event atau kelas Gramedia Academy yang berlangsung selama periode Juli-Agustus:


Launching KOGA: Self-Learning 

Bersamaan dengan momentum Hari Ulang Tahun Kompas Gramedia ke-58, Gramedia Academy meluncurkan program baru yang bernama Kelas Online Gramedia Academy (KOGA): Self-Learning.


Di era yang serba cepat dan dinamis seperti sekarang, Gramedia Academy hadir dalam berbagai kelas pelatihan yang dilakukan secara daring melalui video pembelajaran dengan materi yang diambil dari buku-buku yang diterbitkan oleh kelompok Kompas Gramedia dan dibawakan langsung oleh penulis sebagai trainer. Silabus dan variasi belajarnya telah disusun secara sistematis sehingga KOGA: Self-Learning dapat menjadi sarana belajar yang efektif melalui metode self-learning. Hal ini memungkinkan proses pembelajaran dilakukan dengan kecepatan yang sesuai dengan kemampuan peserta.


Selain proses pembelajaran yang bisa disesuaikan dengan kesibukan pesertanya, topik serta materi pembelajarannya pun beragam. Berbagai topik yang bisa dipilih meliputi: bisnis, manajemen & keuangan, hobi & gaya hidup, pengembangan diri, teknologi, serta pendidikan & keluarga. Sejauh ini, sudah terdapat 17 materi yang dapat diperoleh aksesnya melalui tiga platform pembelian: Shopee, Blibli, serta MyValue. Ke depannya, akan terdapat ratusan materi yang dapat diperoleh dan diakses.


Ayo, kembangkan diri melalui KOGA: Self-Learning!



TOEFL Refreshment dan English Assessment Test TOEFL-Based IBI Kesatuan Bogor

Pada tanggal 4-5 Agustus, telah berlangsung kelas Bahasa Inggris bertajuk TOEFL Refreshment bagi lebih dari 1.400 mahasiswa dari IBI Kesatuan Bogor. Kelas-kelas yang berlangsung selama dua hari dengan durasi dua jam ini terbagi ke dalam dua sesi setiap harinya; sesi pagi bagi kelas regular dan sesi malam bagi kelas karyawan. Proses pembelajarannya dilakukan bersama dengan tujuh guru Bahasa Inggris Gramedia Academy yang memiliki spesialisasi mengajar TOEFL Preparation.


Kemudian pada tanggal 6-7 Agustus dilanjutkan dengan English Assessment Test TOEFL-Based yang diadministrasikan oleh tim akademik Gramedia Academy melalui Google Forms yang telah diintegrasikan dengan sistem AutoProctor. Sistem tersebut memungkinkan tim akademik Gramedia Academy memantau pelaksanaan tes dari jarak jauh, di mana para mahasiswa ‘dipaksa’ oleh sistem untuk menyalakan mikrofon dan kamera gawai yang digunakan untuk mengerjakan tes (laptop, PC, atau pun smartphone). Dengan begitu, validitas tesnya terjaga dengan baik karena segala aktivitas mencontek akan diketahui.


Ekstrakurikuler Public Speaking SMAK 5 Penabur

Pada tanggal 5 Agustus, Gramedia Academy, bekerja sama dengan Universitas Multimedia Nusantara (UMN), menyelenggarakan program ekstrakurikuler Public Speaking di Sekolah SMA Kristen 5 Penabur, Kelapa Gading. Program ekstrakurikuler yang telah memasuki tahun keduanya ini berlangsung setiap hari Kamis pukul 13:30 hingga 14:30.


Pentingnya memiliki soft skill berbicara di depan publik menjadi salah satu dasar utama penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler yang berlangsung secara daring melalui platform Zoom ini. Pengajarnya pun juga merupakan seorang praktisi di bidangnya, yaitu seorang penyiar radio yang berbasis di Bandung. Beliau pernah menjadi pengajar kelas public speaking di beberapa sekolah tingkat atas serta mengajar kelas komunikasi di sebuah universitas di kota Bandung.


Pada kegiatan ini, para siswa kelas 10 dan 11 akan menerima materi yang mencakup berbagai teknik public speaking, dos and don’ts, cara pengaplikasian teknik, serta sharing session. Tak hanya berhenti di situ, para siswa dipaksa keluar dari zona nyamannya dengan cara meminta mereka berbicara sembari mengaplikasikan apa yang telah dipelajari pada hari itu atau dengan menampilkan wajah mereka saat berbicara.


Ekstrakurikuler Art Drawing Sekolah IPEKA Tingkat TK dan SD

Pada 12 Agustus lalu, Gramedia Academy mulai menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler art drawing di Sekolah TK IPEKA secara daring melalui platform Google Meet. Ekstrakurikuler ini diikuti oleh 21 siswa yang tergabung dari TK IPEKA Pluit dan TK IPEKA BSD, dan berlangsung setiap hari Kamis pada pukul 12:15 hingga 13:15.


 Sementara itu, pada tanggal 18 Agustus juga telah dimulai ekstrakurikuler art drawing untuk SD IPEKA Pluit, yang juga diselenggarakan secara daring melalui platform Google Meet. Untuk tingkat SD ini, ekstrakurikuler art drawing dilaksanakan setiap hari Rabu pukul 14:00-15:30 dan diikuti oleh 20 siswa yang terbagi dalam tiga kelas; SD kelas satu, dua, dan tiga.


Program ekstrakurikuler art drawing bersama Sekolah IPEKA akan berlangsung selama 24 pertemuan dalam satu tahun kalender akademik.


Salam #peopledevelopment!