INQUIRY
CONTACT
Gramedia Academy

KILAS BALIK GRAMEDIA ACADEMY DI BULAN NOVEMBER

Kilas Balik Gramedia Academy Di Bulan November

Post by. Thomas Adrian

Date: November 22, 2021

Selama bulan November ini, Gramedia Academy telah menyelenggarakan beberapa event atau kelas. Berikut adalah event dan kelas Gramedia Academy selama bulan November:


Kelas English for Nurses 2 STIKes Sint. Carolus Salemba

Pada tanggal 6 November yang lalu telah usai perkuliahan Bahasa Inggris 2 dengan nama mata kuliah English for Nurses 2 bagi para calon Sarjana Keperawatan (S1) STIKes Sint. Carolus. Proses belajar yang berlangsung selama tiga bulan ini diikuti oleh 52 mahasiswa yang terbagi ke dalam tiga kelas. Dengan masih adanya Pandemi Covid-19 yang masih melanda, perkuliahan masih berlangsung secara daring; dengan sistem pertemuan daring menggunakan Zoom Video Meeting atau Google Meet dan pemberian tugas serta materi lewat Google Classroom.


Materi dari English for Nurses 2 ini merupakan kelanjutan dari English for Nurses 1. Pada materi ini, mahasiswa diajarkan berbagai macam hal yang berkaitan dengan medis dalam Bahasa pengantar Bahasa Inggris; baik secara tertulis maupun terucap. 


Workshop Adira Finance

Adira Finance, melalui Adira Finance Corporate University dan Gramedia Academy, kembali melaksanakan pelatihan daring bertemakan Great Moderator for Class Coordinator bagi para karyawannya pada tanggal 11-12 November, 15-16 November, dan 18-19 November dengan pemateri Hilbram Dunar, associate trainer Gramedia Academy yang juga merupakan penulis buku terbitan Gramedia, public speaker ternama, serta motivator kenamaan Indonesia.


Pada pelatihan ini, para karyawan Adira mendapatkan insight dan mempraktikkan cara membuka sebuah acara atau kelas, mempersilakan pembicara utama untuk memaparkan materi, serta menutup acara atau kelas dengan baik dan benar. Harapannya, peserta dapat menggunakan kemampuan ini agar mampu membawakan acara dan atau kelas dengan tepat.


Kelas Akhir Pekan: Mindfulness Writing Class Batch Dua

Setelah sukses dengan kelas Mindfulness Writing Class: Belajar Menulis sambil Mengenal Diri pada Oktober yang lalu, Gramedia Academy kembali menyelenggarakan kelas yang sama pada 13 November. 


Kelas ini kembali dengan seorang Hipnoterapis Klinis dan penulis buku terbitan Gramedia berjudul Anomali: Memoar Seorang Bipolar terbitan Gramedia, Elizabeth Novarina atau yang dikenal sebagai Elnov.


Kelas kali ini diikuti oleh 14 orang. Peserta diajak bermeditasi, memusatkan perhatian pada situasi yang sedang dialami tanpa menghakimi sembari menulis. Elnov memaparkan bahwa banyak penelitian yang mengemukakan jika aktivitas menulis mampu menyembuhkan luka batin. Kelas Akhir Pekan (KAP) adalah pelatihan pengembangan diri bagi individu yang berangkat dari minat atau hobi. Formatnya adalah sebuah kelas yang ringan: santai, menyenangkan, namun tetap berbobot. Karena itu, KAP menjadi sebuah wadah bagi para profesional dan umum untuk memperdalam serta mendapatkan insight akan hobi tertentu. Selain itu, para pemateri KAP merupakan penulis buku terbitan Penerbit Gramedia dan/atau praktisi di bidangnya. Tak hanya teori yang diberikan, KAP juga menyediakan ruang bagi para pesertanya untuk mempraktikkan ilmu yang sudah didapatkan.


Pembukaan Batch Kedua Kelas Bahasa Inggris DHL

Pada tanggal 20 November yang lalu, Gramedia Academy dan DHL kembali mengadakan kelas Bahasa Inggris bagi karyawan-karyawan DHL. Sepekan sebelum kelas dimulai, para peserta menjalankan dua tahapan Placement Test, yaitu Written Test dan Speaking Test. Pada tahap pertama, peserta mengerjakan tes tertulis melalui Learning Management System (LMS) Schoology. Setelahnya, mereka melanjutkan ke speaking test yang diadministrasikan tim Akademik dan guru-guru Gramedia Academy yang dilakukan menggunakan Zoom Video Meeting


Pada batch kali ini, terdapat tujuh kelas dengan empat level yang berbeda. Selain itu, proses pembelajaran yang akan berlangsung setiap Sabtu ini ditangani langsung oleh guru-guru Gramedia Academy.


Kelas Beginning Writing STIKes Sint. Carolus Salemba

Pada tanggal 27 November telah usai perkuliahan Bahasa Inggris 3 dengan nama mata kuliah Beginning Writing bagi para calon Sarjana Keperawatan (S1) STIKes Sint. Carolus. Proses belajar yang berlangsung selama tiga bulan ini diikuti oleh 57 mahasiswa yang terbagi ke dalam dua kelas. Dengan masih adanya Pandemi Covid-19 yang masih melanda, perkuliahan kali ini pun masih berlangsung secara daring; dengan sistem pertemuan daring menggunakan Zoom Video Meeting atau Google Meet dan pemberian tugas serta materi lewat Google Classroom.


Mata kuliah ini mempelajari tentang bagaimana menulis menggunakan Bahasa Inggris dengan berbagai tujuan (akademis dan non-akademis) serta berbagai gaya (informal, semi-formal, dan formal). Tak hanya itu, mahasiswa juga difokuskan pada penggunaan grammar yang tepat sesuai situasinya. Harapannya, mahasiswa mampu mengaplikasikan ilmu yang telah didapat ke dalam karya penulisannya, seperti misalnya skripsi, tesis, artikel, dan lainnya.


Salam #PeopleDevelopment!