INQUIRY
CONTACT
Gramedia Academy

PAKAI YANG MANA: MAKEUP, MAKE-UP, ATAU MAKE UP?

Pakai Yang Mana: Makeup, Make-up, Atau Make Up?

Post by. Thomas Adrian

Date: August 02, 2021

Rekan-rekan, penulisan kata dalam Bahasa Inggris terkadang bisa membingungkan. Salah, kurang, atau kelebihan satu huruf saja, artinya mungkin saja berbeda. Bahkan, beda spasi saja artinya bisa berbeda.  Hal-hal seperti ini kadang bisa membuat bingung. Seperti contohnya kata makeup, make-up, dan make up. Ketiganya mengandung huruf yang sama, hanya cara penulisannya saja yang berbeda. Lalu, apa perbedaan ketiga kata yang memiliki pronunciation sama ini?


Yang pertama, makeup, merupakan sebuah kosakata berbentuk nomina atau kata benda. Makeup memiliki arti colored substances used on your face to improve or change your appearance. Kata makeup berasosiasi dengan kosmetik yang dipakai di wajah untuk mempercantik wajah penggunanya. Jika di dalam kalimat, penggunaan makeup akan menjadi seperti ini: Your makeup is too thick! You look prettier without it.


Sementara make-up berfungsi sebagai adjective atau kata keterangan dan penulisannya memang harus menggunakan tanda strip atau hyphen; merujuk pada fungsinya. Arti dari make-up adalah something (group, etc) that is formed from a combination of things. Pemakaiannya di dalam kalimat akan menjadi seperti ini: The English 101 class will have a make-up class tomorrow to substitute the previous class that is cancelled due to a public holiday.


Yang terakhir, make up, terdiri dari dua kata dan merupakan sebuah verba atau kata kerja. Make up memiliki arti to forgive someone and become friends again after an argument or disagreement. Pemakaiannya di dalam kalimat akan menjadi seperti ini: His children were forced to make up after a huge fight.


Setelah tahu apa perbedaan dan bagaimana penggunaannya, jangan sampai tertukar lagi, ya. Salam #peopledevelopment!