Bagaimana Cara Mengucapkan Selamat Berbuka dalam Bahasa Inggris?

Tak terasa, bulan Ramadhan tahun 2022 akhirnya tiba juga. Bagaimana ibadah Puasa rekan-rekan sampai hari ini, apakah masih lancar atau sudah ada yang bolong karena keadaan? Terlepas dari masih lancar atau sudah bolongnya puasa rekan-rekan, yang lebih penting adalah niatnya, bukan?

 

Rekan-rekan, tak jarang kita berada di dalam situasi rapat yang berlangsung hingga sore bahkan petang hari. Jika itu waktu biasa mungkin tidak akan terlalu menjadi masalah. Namun jika berada dalam bulan Ramadhan seperti ini, maka akan lebih baik jika rekan-rekan melakukan basa-basi dengan mengucapkan “selamat berbuka” saat rekan atau klien membatalkan puasa saat adzan Maghrib tiba. Lalu, bagaimana mengungkapkan istilah buka puasa dengan Bahasa Inggris?

 

Nah, mungkin rekan-rekan sering membaca atau mendengar orang menuliskan atau mengatakan “Happy breakfasting”. Sebenarnya kosakata breakfasting itu tidak ada, rekan-rekan. Kalau pun memang ada, mungkin itu merupakan gabungan compound word breakfast dan akhiran (suffix) -ing; tapi artinya sendiri pun tidak ada. Untuk mengatakan berbuka puasa dalam Bahasa Inggris, rekan-rekan dapat mengatakan break the fast. Kalau menyatakan ajakan berbuka puasa, rekan-rekan bisa mengatakan “Let’s break the fast.”

 

Hal yang berbeda akan rekan-rekan temukan jika membuka kamus Bahasa Inggris. Di sana, rekan-rekan akan menemukan terjemahan berbuka puasa dalam Bahasa Inggris adalah iftar. Iftar adalah kata serapan atau loan word dari Bahasa Arab. Maka dari itu, jika rekan-rekan ingin mengucapkan selamat berbuka puasa dalam Bahasa Inggris, rekan-rekan dapat mengatakan “Enjoy your iftar meal” atau “Happy iftar!”

 

Enjoy your iftar meal! Salam #PeopleDevelopment!

 

Sumber:

Iftar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gramedia Academy

Promoting people development by conducting trainings and events based on books published by Gramedia Publishers

Telephone. (021) 53677834
WhatsApp. +6287793103435
Email. [email protected]