INQUIRY
CONTACT
Gramedia Academy

BERBAGAI SINGKATAN DALAM BAHASA INGGRIS YANG BISA BIKIN KELIHATAN KEREN DAN GAUL

Post by. Thomas Adrian

Date: December 19, 2022

Rekan-rekan, ajang besar sepak bola dunia tahun 2022 baru saja berakhir. Bagaimana dengan jagoannya, apakah gugur di babak grup, tersisih di fase gugur, atau malah mampu jadi juara dunia? Apa pun hasilnya, yang jelas Argentina mampu mengungguli semua lawannya di Piala Dunia Qatar 2022 ini, walau sempat menelan kekalahan mengejutkan atas Arab Saudi yang tidak diunggulkan pada saat itu. Karena Argentina yang dipimpin oleh Lionel Messi menjadi yang terbaik di ajang ini, para pakar sepak bola dari seluruh dunia seakan sepakat bahwa perdebatan soal siapa yang terbaik di sepak bola, antara Messi dan Cristiano Ronaldo, sudah selesai; Messi dianggap sebagai yang terbaik sepanjang masa karena mampu menjuarai Piala Dunia. Messi adalah GOAT.


Kambing? Pesepak bola hebat kok disamakan dengan kambing?


Bukan begitu. GOAT di sini merupakan sebuah singkatan dari Greatest of All Time atau Yang Terbaik Sepanjang Masa. Nah, singkatan ini sebenarnya mulai digunakan oleh petinju Mohammad Ali pada tahun 1960an sebelum menantang Sonny Liston. Tapi istilah itu mulai disingkat menjadi GOAT pada tahun 1990an (usatoday.com, 2017). GOAT sendiri memiliki definisi a word used to refer to or describe the person who has performed better than anyone else ever, especially in a sport.


Masih banyak lagi singkatan-singkatan dalam bahasa Inggris yang ada, terlebih lagi di era seperti ini di mana orang-orang kerap menyingkat kata-kata atau frase yang panjang agar lebih mudah dibaca atau diketik. Mungkin sebagian besar dari rekan-rekan sudah cukup familiar dengan berbagai singkatan ini, tapi berikut adalah singkatan-singkatan yang kerap muncul di percakapan agar rekan-rekan terlihat lebih keren atau gaul.


1. IMO / IMHO

In My Opinion / In My Honest Opinion dipakai untuk menyampaikan opini. Biasanya ini dipakai untuk memberikan buah pikiran tanpa terlihat menghakimi.


2. SMH

Shaking My Head dipakai untuk mengekspresikan rasa heran, ketidakpercayaan, atau kekecewaan akan sesuatu yang seharusnya tidak perlu dilakukan atau tidak perlu terjadi.


3. AFAIK / AFAIR

As Far As I Know / As Far As I Remember” dipakai untuk menyampaikan sesuatu yang diketahui atau diingat ketika diajak bicara tentang suatu hal.


4. TL;DR

Too Long; Didn’t Read adalah sebuah ekspresi yang kalau diterjemahkan menjadi “Kepanjangan; Nggak Baca.” Ini dipakai untuk mengekspresikan bahwa sebuah percakapan tertulis, utas, atau percakapan yang terlalu panjang jadi yang bersangkutan malas untuk membacanya. TL;DR juga biasa dipakai untuk merangkum inti sebuah cerita atau utas panjang di sosial media.


5. ICYMI

In Case You Missed It dipakai untuk menunjukkan sesuatu atau mengulang percakapan yang mungkin dilewatkan oleh si pembaca.


6. AFK

Away From Keyboard dipakai dalam dunia kerja dan dunia permainan gim daring. Artinya sama; sedang tidak berada di depan komputer atau sedang tidak berada dalam jangkauan papan ketik.


7. DWH

During Work Hours biasa dipakai dalam dunia kerja. Biasanya untuk menunjukkan kalau sebuah kegiatan atau pekerjaan dilakukan atau harus selesai sebelum jam kerja berakhir.


8. IIRC

If I Remember/Recall Correctly kurang lebih penggunaannya sama seperti AFAIK/AFAIR. Hanya biasanya, AFAIK/AFAIR bisa digunakan dalam konteks profesional, sementara IIRC biasanya lebih ke situasi informal. Tapi pada dasarnya, sama saja.


9. FTW

For The Win digunakan untuk membuat pilihan terbaik menurut diri sendiri. Dalam kalimat, penggunaannya akan menjadi seperti ini, Argentina will win the World Cup. Messi FTW!


10. EMBM

Early Morning Business Meeting biasa dipakai untuk menginformasikan dan menjadwalkan sebuah rapat atau pertemuan bisnis yang dilakukan pada pagi hari sekitar antara jam tujuh sampai sembilan pagi, yang mana rentang waktu tersebut dianggap sangat pagi dalam dunia kerja.


Itulah beberapa singkatan dalam bahasa Inggris yang bisa dipakai dalam percakapan, baik secara teks mau pun langsung. Perlu diingat bahwa terkadang beberapa singkatan tidak cocok dipakai di dunia profesional, terutama pada klien. Gunakan seperlunya, terlihat keren dan gaul seterusnya!


Salam #PeopleDevelopment!


Sumber:

•        https://ftw.usatoday.com/2017/08/goat-greatest-of-all-time-origin-muhammad-ali-ll-cool-j

        https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/goat

        https://appuals.com/what-is-afaik-and-where-should-it-be-used/

        https://preply.com/en/blog/the-most-used-internet-abbreviations-for-texting-and-tweeting/