Ekstrakurikuler Jurnalistik Perdana oleh Gramedia Academy

Di dunia zaman ini, media menjadi sarana berbagai macam hal: hiburan, informasi, pendidikan, dan lain-lainnya. Pun juga jika membahas soal ragam macamnya, media terbagi dalam tiga jenis, yaitu visual, audio, serta audio visual.

 

Media juga memegang peranan penting dalam penyebaran informasi, baik informasi yang valid dan benar maupun informasi palsu atau fabrikasi, yang biasa kita kenal dengan hoax. Walau banyak media yang memberitakan informasi yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, tapi tidak kalah banyak juga media yang ngawur dan sering memberitakan berita bohong dan informasi yang tidak valid. Parahnya lagi, berita bohong dan tidak valid inilah yang paling sering berseliweran di grup-grup WhatsApp keluarga dan dipercaya oleh bapak-ibu, pakde-bude, om-tante, dan anggota keluarga lainnya. Pentingnya jargon Saring Sebelum Sharing menjadi sangat penting.

 

Berangkat dari keresahan akan itu, pada awal bulan Agustus ini, Gramedia Academy dengan sekolah SD Santa Theresia mengadakan ekstrakurikuler jurnalistik bagi pada siswa. Ekstrakurikuler ini diikuti oleh 16 siswa dan diajar oleh pengajar yang memang sudah ahli di bidang jurnalistik. Harapannya, ke-16 siswa ini mampu mendapatkan pemahaman yang baik akan dunia jurnalistik. Selain itu, para siswa juga diharapkan mampu untuk memproduksi produk jurnalistik yang baik: konten jurnalistik yang valid, dapat dikonsumsi dengan baik, serta menggunakan sumber yang valid.

 

[foto]

 

Tak hanya dengan SD Santa Theresia saja, Gramedia Academy juga melaksanakan ekstrakurikuler serupa dengan SMA Charitas Lebak Bulus. Di sana, ekstrakurikuler ini diikuti oleh 30an siswa yang tersebar dari kelas 10 hingga 12 dengan Harapan yang serupa. Tak hanya itu, ekstrakurikuler jurnalistik ini bisa jadi pembuka jalan bagi para siswa/i SMA Charitas untuk membuka wawasa serta menjadi bahan pertimbangan dalam pemilihan jurusan kuliah dan karier di masa depannya.

 

[foto]

 

Dengan mulai sadarnya publik akan pentingnya literasi berita yang diberikan oleh media, semoga ini menjadi awal bangkitnya kesadaran khalayak akan bahayanya berita palsu. Kesadaran dan kemampuan yang harus mulai dibangun sedini mungkin. Ekstrakurikuler jurnalistik di kedua sekolah di atas menjadi titik awal kontribusi Gramedia Academy, selaku training provider di bawah naungan Kompas Gramedia, dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa dalam bidang jurnalistik. Semoga.

 

Salam #PeopleDevelopment!

 

Referensi:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gramedia Academy

Promoting people development by conducting trainings and events based on books published by Gramedia Publishers

Telephone. (021) 53677834
WhatsApp. +6287793103435
Email. [email protected]