Kilas Balik Gramedia Academy di Bulan Maret

Inilah akhir dari kuartal pertama 2023. Bagaimana dengan pekerjaan rekan-rekan? Masih kuat mengarungi ombak besar lautan pekerjaan? Atau malah lagi mulai memikirkan kemungkinan resign setelah hari raya bulan depan? Apa pun itu, tetap semangat dalam menjalaninya, ya! 

 

Nah, bulan ini Gramedia Academy juga masih menyelenggarakan berbagai event atau kelas-kelas, yaitu:

 

TOEFL® Preparation di Dua Lokasi

Pada tanggal 8 Maret telah usai kelas TOEFL® Preparation bagi mahasiswa/i S1 Keperawatan STIKes Sint. Carolus dengan kode mata kuliah Bahasa Inggris IV. Proses belajar yang berlangsung secara intensif selama dua pekan ini diikuti oleh 65 mahasiswa yang terbagi ke dalam tiga kelas. Perkuliahan masih berlangsung secara daring; dengan sistem pertemuan daring menggunakan Zoom Video Meeting atau Google Meet. Materi TOEFL® Preparation ini merupakan puncak dari matakuliah Bahasa Inggris. Skor prediksi TOEFL® yang  dihasilkan dari kelas ini digunakan sebagai salah satu prasyarat sidang skripsi.

 

Di tanggal yang sama, telah rampung juga kelas TOEFL® Preparation bagi siswa/i kelas XII di sekolah SMA Plus Yayasan Persaudaraan Haji Bogor (YPHB). Kelas yang diikuti oleh 227 siswa/i ini merupakan kelas persiapan pembekalan materi singkat sebelum mereka mengambil TOEFL® ITP Test yang penyelenggaraannya bekerja sama dengan ELTI Yogyakarta selaku lembaga yang memegang lisensi resmi penyelenggaraan TOEFL® ITP Test.

 

Lokakarya Menulis Siaran Pers di Era Digital

Pada tanggal 13-15 Maret, Gramedia Academy mengadakan lokakarya bertajuk Menulis Siaran Pers di Era Digital bagi 28 orang staf Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia. Lokakarya ini berlangsung di Gedung Kompas Gramedia Palmerah Barat.

 

Dalam tiga hari pelatihan ini, peserta diajak untuk mengaplikasikan cara penulisan siaran pers yang baik agar dapat diterima dengan baik pula oleh khalayak agar brand positioning Lembaga Kemendikbudristek tetap meningkat serta terjaga. Selain itu, peserta juga diajak untuk mengoptimalkan mesin pencarian (Search Engine Optimization; SEO) melalui berbagai metode. Pada hari ketiga peserta diajak untuk mengunjungi media digital TribunNetwork serta Kompas.com

 

Seminar The Implementation of Atomic Habits in School

Pada tanggal 15 Maret, Gramedia Academy menyelenggarakan seminar yang bertajuk The Implementation of Atomic Habits in School. Seminar yang dihadiri oleh kurang lebih 60 orang para kepala sekolah dan/atau jajaran petinggi sekolah ini diselenggarakan di Gramedia Store Matraman, Jakarta Pusat, serta dibawakan oleh Andi Tarigan, S.S, M.Fil. selaku Chief Editor dari Gramedia Pustaka Utama (GPU).

 

Pada seminar yang berlangsung selama dua jam ini, para peserta diajak untuk memahami bahwa mengubah kebiasaan-kebiasaan kecil, bila dilakukan secara kontinyu dan konsisten, maka akan membawa dampak yang besar. Mas Andi Tarigan memaparkan berbagai macam hal yang diperlukan serta apa saja proses yang harus dilalui untuk membentuk kebiasaan baru. Selain itu, peserta juga dibawa untuk menentukan kebiasaan baru dengan acuan yang jelas, menarik, mudah dicapai, serta memuaskan. 

 

Kelas Perdana Academy of Voice Actor Indonesia

Pada tanggal 4 Februari lalu telah dimulai kelas perdana dari Academy of Voice Actor Indonesia (AVAI) Season 1. Kelas perdana ini diikuti oleh 14 orang.

 

AVAI merupakan program pelatihan sulih suara yang menggabungkan konsep belajar in-class sebagai pondasi dalam meletakkan dasar teori, dan konsep belajar sambil bekerja atau learning by doing sebagai aspek praktis. Konsep dan teori yang dipelajari para mahasiswa berasal dari pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh Voice Actor Indonesia sebagai institusi profesi voice actor Indonesia. Daftar pengajar yang akan memberikan ilmunya di AVAI juga bukan pengajar sembarangan; pengajar AVAI merupakan para ahli di bidangnya: dubbing, teknik vokal, voice over talents, dan announcers.

 

Setelah menjalani kelas yang berlokasi di Gramedia World BSD, peserta akan melakukan praktik langsung di dalam studio di dua lokasi: Cilandak dan Palmerah. Tujuannya, selain untuk mengenal berbagai peralatan di dalam studio, peserta akan langsung merasakan bagaimana rasanya berlatih dubbing dan/atau voice over langsung di dalam studionya.

 

TOEFL® ITP Test SMA Plus YPHB

Tanggal 21 Maret diadakan TOEFL® ITP Test bagi 227 siswa/i kelas XII di sekolah SMA Plus Yayasan Persaudaraan Haji Bogor (YPHB). TOEFL® ITP Test yang dilakukan secara luring ini diselenggarakan bekerja sama dengan ELTI Yogyakarta selaku lembaga yang memegang lisensi resmi penyelenggaraan TOEFL® ITP Test. Empat orang tim Gramedia Academy memandu delapan guru wali kelas yang bertindak sebagai pengawas ujiannya. 

 

Opening Akademi Ritel Gramedia Batch 27

Tepat pada hari Valentine yang lalu, Akademi Ritel Gramedia (ARG) batch 27 resmi dibuka. Dalam acara pembukaan yang berlangsung pada pukul 09:00 itu, ke-11 siswa ARG Batch 27, para trainer kelas, dan trainer pendamping hadir semua untuk secara resmi membuka kelasnya. Setelah acara pembukaan, mereka mendapatkan pengarahan atau orientasi dari tim ARG.

 

Dalam kelas daring yang akan berlangsung dalam satu bulan, para mahasiswa akan belajar delapan modul yang terdiri atas empat modul dasar & empat modul spesifik. Setelahnya, mereka akan memasuki Sub Program Magang atau Praktik Kerja selama dua bulan di toko-toko Gramedia di bawah pimpinan mentor-mentor pendamping. Setelah semua proses itu selesai, maka mahasiswa/i ARG akan menjadi penata ritel dan siap bekerja di dunia ritel. Aku anak ritel, salam inspirasi!

 

Salam #PeopleDevelopment!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gramedia Academy

Promoting people development by conducting trainings and events based on books published by Gramedia Publishers

Telephone. (021) 53677834
WhatsApp. +6287793103435
Email. [email protected]