Kosakata Bahasa Inggris yang Bagus dan Mungkin Jarang Dipakai

 

Bicara soal bahasa, apa pun itu, memang tidak pernah ada habisnya. Contoh sederhananya saja adalah bahasa yang akrab kita gunakan sehari-hari, yaitu bahasa Indonesia. Sesederhana penggunaan awalan di- dan ke- yang harus dipisah atau digabung saja masih sering salah. Itu baru satu tata bahasa, belum bicara soal kosakatanya. Ada beberapa kosakata bahasa Indonesia yang asing di telinga, indah didengarkan, namun jarang digunakan. Misalnya saja, bisa jadi tak banyak orang yang mengetahui kata karsa yang memiliki arti niatan, atau kata adarusa yang memiliki arti meminjam tapi tidak berniat mengembalikan. Pun dengan bahasa Inggris, ada beberapa kosakata yang tak terlalu sering digunakan namun terdengar atau terlihat bagus. Kalau dipakai, bisa jadi akan memperindah kalimat yang rekan-rekan buat.

 

Berikut beberapa kosakata bahasa Inggris yang bagus tapi jarang digunakan dalam kesehariannya:

  • Benevolent

Mungkin kata benevolent adalah salah satu kosakata dari daftar ini yang masih cukup sering didengar. Arti dari benevolent sendiri adalah showing goodwill. Penggunaannya sendiri dalam kalimat akan menjadi seperti berikut ini: “A benevolent uncle of mine has agreed to pay my brother’s college tuition.


  • Dubious

Sama seperti sebelumnya, dubious juga salah satu kosakata yang sering didengar. Artinya adalah hesitating; doubtful. Penggunaannya dalam kalimat akan menjadi seperti berikut ini: “Bali United’s coach is feeling dubious that the transfer of David da Silva will be done soon.


  • Esoteric

Esoteric memiliki arti belonging to or understood by the select few. Penggunaannya dalam kalimat akan menjadi seperti berikut ini: “I find esoteric philosophical debates hard to engage with.


  • Limerence

Limerence memiliki arti being obsessively infatuated with someone, usually accompanied by delusions of or a desire for an intense romantic relationship. Bahasa Indonesianya mungkin bisa dipadankan dengan singkatan bucin. Penggunaannya dalam kalimat akan menjadi seperti berikut ini: “He was struck with such limerence that his need for her became like a drug.


  • Rambunctious

Kata ini berkonotasi negatif. Artinya adalah difficult to control or turbulently active. Penggunaannya dalam kalimat akan menjadi seperti berikut ini: “Tom is such a rambunctious child that no one in his school can handle him.


  • Serene

Kata serene memiliki arti calm and peaceful. Penggunaannya dalam kalimat akan menjadi seperti berikut ini: “The atmosphere is serene; I love this place.” Mempunyai nama yang mengandung kata serene sepertinya akan bagus.


  • Serendipity

Kata serendipity memiliki arti making desirable discoveries by accident. Penggunaannya dalam kalimat akan menjadi seperti berikut ini: “Finding you when I lost my way is such a serendipity.” Gunakan kalimat ini untuk menggombali pasangan rekan-rekan, ya!


  • Zenith

Zenith memiliki arti the highest point or state. Penggunaannya dalam kalimat akan menjadi seperti berikut ini: “Cristiano Ronaldo’s career reached its zenith when he played for Real Madrid; he won everything there.

 

Berapa banyak kosakata yang sudah rekan-rekan ketahui sebelumnya? Semoga kedelapan kosakata ini menambah pengetahuan kosakata yang sudah ada, ya. Gunakanlah di momen-momen yang tepat.

 

Salam #PeopleDevelopment!

 

Referensi:

Photo by Brett Jordan on Unsplash

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/karsa

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/adarusa 

https://www.dictionary.com/browse/benevolent

https://www.dictionary.com/browse/dubious

https://www.dictionary.com/browse/esoteric 

https://www.dictionary.com/browse/limerence 

https://www.dictionary.com/browse/rambunctious

https://www.dictionary.com/browse/serene

https://www.dictionary.com/browse/serendipity

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gramedia Academy

Promoting people development by conducting trainings and events based on books published by Gramedia Publishers

Telephone. (021) 53677834
WhatsApp. +6287793103435
Email. [email protected]